Sebanyak 80% Perceraian di Indonesia Diakibatkan oleh Media Sosial

By Radita Milati, Kamis, 8 Februari 2018 | 18:14 WIB
()

Nakita.id - Menyukai foto-foto orang di instagram dan memberikan tanda 'like' mungkin suatu hal yang biasa di era digital, seperti sekarang ini. 

Namun, dampak dari menyukai foto orang ternyata bisa lebih hebat dari yang kita pikirkan. 

Psikolog dari University of South Wales, Dr. Martin Graff, menemukan istilah baru, yaitu"micro-cheating" (selingkuh kecil) yang diartikan sebagai tindakan di dunia maya yang dianggap sebagai ketidakjujuran seseorang terhadap pasangannya. 

BACA JUGA: Hati-hati Moms! Selain Masalah Kulit, Jerawat Juga Picu Risiko Depresi

Yang termasuk dalam aksi selingkuh ini termasuk melihat-lihat postingan mantan kekasih di media sosial, mengirim emoji intim kepada orang yang bukan pasangan, dan menyimpan kontak lawan jenis dengan nama samaran. 

"Bisa juga suatu hal sederhana seperti selalu memberi tanda 'like' di postingan seseorang di instagram atau mengomentari postingan status seseorang di Facebook," kata Graff. 

Saat ini hampir setiap anak muda memiliki akun media sosial, bahkan bisa lebih dari dua. 

BACA JUGA: Ini Akibatnya Jika Dads Malas Mencuci Mobil, Saat Musim Hujan

Hal ini membuat para pasangan menyepakati kembali hal-hal apa saja yang dianggap wajar dan boleh dilakukan oleh pasangan mereka saat berada di dunia maya. 

Pada dasarnya, aksi di media sosial yang masuk ke dalam kategori 'selingkuh kecil' yaitu hal-hal yang dilakukan di belakang pasangannya. 

Tindakan tersebut bisa memicu konflik dengan pasangan.

"Kerahasiaan atau komunikasi yang tersamarkan sering terjadi. Tapi tidak selalu tergolong micro cheating," ujarnya.