Anak 2 Tahun Belum Lancar Bicara? Lakukan Hal ini untuk Mengatasinya

By Saeful Imam, Senin, 12 Februari 2018 | 20:35 WIB
Sekitar 3-5% anak balita terlambat bicara. Namun tetap harus ada stimulasi dan solusi. ()

Nakita.id -  Sebagian anak sudah lancar bicara, tapi sebagian lagi belum lancar bicara.

Sejatinya, pada usia 12—18 bulan, anak harus sudah mampu mengucapkan antara 1—5 kata yang agak jelas seperti papa, mama, bola, maem, dan sebagainya.

Ada juga kata-kata yang kurang jelas, tapi cenderung diucapkannya berulang-ulang. Misal, kata “tak” untuk menyebut cicak atau “num” untuk minum.

Ketika seharusnya anak sudah bisa mengucapkan 2—3 kata dalam satu kalimat tapi ia hanya mengucapkan satu kata, minta ia mengatakan dengan benar.

Lalu bagaimana mengatasi anak usia dua tahun yang belum lancar bicara?

BACA JUGA : Ingat Ken Ken 'Wiro Sableng', Duh Begini Nasibnya Sekarang, Lihat Rumahnya

1. Banyak-banyak menga­jak anak bicara agar ia lancar bicara. Walaupun mereka sepertinya belum mengerti, tapi kata-kata terse­but akan diingatnya dan suatu saat akan diekspresikannya.

2 Hati-hati dalam memilih kata di depan anak karena anak sangat mudah menyerap dan mengingat, jangan men­gucapkan kata-kata kotor/umpatan.

3. Agar anak lancar bicara, kembangkan kosakatanya. Supaya lebih mudah dimengerti, ajak anak ngo­brol dalam suasana yang menyenangkan.

Misal, ketika bicara tentang hujan, orang­tua memperbolehkan anak menadahkan tangan untuk menampung air hujan sambil bercerita saat hujan seluruh tanaman akan basah. Bisa juga sambil menyanyikan lagu-lagu tentang hujan.

BACA JUGA : Ingat Pemeran Anjali Kecil di Film Kuch Kuch Hota Hai, Kini Ia Begini

4. Ketika bicara usa­hakan anak memang sedang menaruh perhatian. Apakah matanya sedang melihat ke arah kita/benda yang kita tun­jukkan atau ke arah lain.