Pasangan Baru Wajib Menabung, Caranya? Sesuaikan dengan Kebutuhan

By Amelia Puteri, Kamis, 15 Februari 2018 | 17:19 WIB
()

Nakita.id - Moms pasti mengerti bahwa merencanakan keuangan sangat penting diajarkan pada anak sedari dini.

Namun, tak sedikit Moms hanya memahami hal tersebut tanpa mengajari Si Kecil cara menabung yang benar.

BACA JUGA: Mengenal Penyakit 'Darah Manis', Kulit Anak Mudah Bentol dan Luka

Jika tidak memiliki kebiasaan untuk menyisihkan uang, akan jadi sedikit lebih sulit bila dilakukan saat menginjak dewasa.

Elvera N. Makki, Director & Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, mengungkapkan bahwa angka praktik keuangan (seperti menabung, atau investasi) masyarakat masih di bawah 50% di Indonesia.

BACA JUGA: Ucapan Hari Kasih Sayang Dari Marissa Nasution Ini Menyayat Hati

Dalam acara Citi Parenting Talkshow dengan judul "Cerdas Finansial Sejak Dini" di SDN 12 Ragunan pada Kamis (15/2/2018), Elvera memaparkan "ada tiga hal penting untuk menciptakan manajemen keuangan yang baik, yaitu edukasi keuangan tentang pengetahuan dasar, literasi atau pemahaman, dan inklusi keuangan yang menitikberatkan pada praktik."

Anak-anak harus diajari pentingnya kebiasaan menabung, tetapi juga mengajak orangtua (khususnya para Moms) agar bisa memilah antara kebutuhan dan keinginan agar pengeluaran terkendali.

BACA JUGA: Inilah Orang dengan Nama Terpanjang di Indonesia, Punya 17 Kata

Elvera juga menjelaskan, bagi pasangan baru yang berencana untuk punya anak dan hendak menabung, ada banyak jenisnya dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan.