Ini Dia 10 Kalimat Powerful Dari Orangtua Yang Bakal Bikin Anak Sukses

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 18 Februari 2018 | 10:49 WIB
Percakapan yang efektif dan powerful akan membuat anak percaya diri dan mampu meraih sukses. ()

Nakita.id.-  Pew Research Center baru-baru ini mengadakan survei pada ribuan orangtua di seluruh penjuru Amerika Serikat.

Salah satu pertanyaan survei adalah, "Menurut orangtua, keterampilan mana yang paling penting bagi seorang anak untuk maju dan sukses di dunia saat ini?".

Urutan paling atas dari jawaban adalah, keterampilan komunikasi. 

Jawaban ini mengalah keterampilan lain yang dikira penting dan favorit, seperti keterampilan berlogika, membaca-menulis, dan kerja tim.

BACA JUGA: Anak Cerewet Tanda Pintar, Moms. Begini Cara Menghadapinya.

Jawaban ini sebetulnya tidak mengejutkan mengingat setiap orang selalu berkomunikasi agar terus ada dan terhubung.

Masalahnya, orangtua sering tidak menyadari betapa besar peran yang mereka mainkan dalam mengembangkan dan mengasuh keterampilan ini.

Paul Axtell, dalam bukunya "Ten Powerful Things to Say to Your Kids: Creating the Relationship You Want with the Most Important People in Your Life," (Jackson Creek Publisher, New York, 2011) menekankan,

bahwa percakapan yang efektif - apa yang Moms dan Dads katakan, bagaimana mengatakannya, dan kapan mengatakannya - adalah satu-satunya alat yang dimiliki orangtua dalam menciptakan hubungan abadi dan bermakna dengan anak-anak mereka.

Untuk Moms ketahui, Axtell memiliki 2 anak  dan 13 cucu di keluarga campurannya.

Dia  juga memiliki pengalaman lebih dari 35 tahun sebagai konsultan efektivitas dan pelatih korporat.

Dia telah menghabiskan 15 tahun terakhir merancang dan memimpin program yang meningkatkan kinerja individu dan kelompok dalam organisasi besar.