Tolong Mulai Sekarang Berhenti Minum Air Kelapa Terlalu Sering, Bukannya Bermanfaat Bagi Kesehatan Tapi Malah Picu Risiko Ini pada Tubuh

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 22 Juli 2021 | 14:51 WIB
Bahaya minum air kelapa terlalu sering (freepik)

Nakita.id - Di masa pandemi ini, beberapa minuman dipercaya sebagai bahan ampuh untuk meningkatkan imun sekaligus mencegah Covid-19.

Salah satunya adalah rutin minum air kelapa.

Mengutip dari Kompas.com, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinis RS Pondok Indah juga berkata bahwa kandungan macronutrient dan micronutrient memang sangat besar.

Secara macronutrient, maka sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat.

Sekitar 94 persen kelapa isinya air, 5 persen karbohidrat terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa, sekitar 0,02 persen protein dan sebagian kecil sekali lemak.

Baca Juga: Apakah Benar Air Kelapa Bisa Tangkal Virus Corona? Begini Pengakuan Pasien Covid-19 yang Sudah Mencobanya

Jika kita amati micronutrient-nya, kandungan yang menonjol pada air kelapa, adalah Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9. Kita tahu B9 itu kita kenal sebagai Folat.

"Vitamin B, terutama B6 dan Folat memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan," ucap dr. Juwalita.

Sistem imunitas tubuh manusia memang sangat kompleks, mulai dari luar seperti kulit, saluran pernafasan, bulu-bulu getar di saluran pernafasan, masuk lagi ke dalam ada sel-sel imun yang melawan patogen atau penyebab penyakit.