Plank, Gerakan Simpel yang Cepat Susutkan Perut

By Dini Felicitas, Selasa, 17 Mei 2016 | 07:55 WIB
Plank, Gerakan Simpel yang Cepat Susutkan Perut (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Siapa sih yang enggak kepingin punya perut sekencang perut Widi Mulia? Salah satu penyanyi B3 ini sanggup meraihnya berkat latihan yoga selama bertahun-tahun. Karena, perut memang termasuk bagian tubuh yang paling sulit diperbaiki.

Ada banyak jenis latihan untuk membakar lemak perut, namun Mama perlu mencoba plank. Plank termasuk gerakan yang paling efektif untuk menguatkan dan merampingkan perut. Dan, meskipun berfokus pada otot perut, namun plank bisa memengaruhi kekuatan otot di bagian lain.

Gerakan plank termasuk sederhana, dan hanya perlu dilakukan antara 30 detik sampai 1 menit untuk setiap set. Syaratnya, Mama harus melakukannya secara rutin setiap hari. Ini yang akan terjadi jika Mama rutin berlatih plank:

Plank, Gerakan Simpel yang Cepat Susutkan Perut
1. Menguatkan otot-otot perut Manfaat gerakan plank adalah menguatkan seluruh otot perut, dan menyatukan semua kelompok otot inti: transverse abdominus, rectus abdominus, external oblique muscle, dan glutes. Masing-masing kumpulan otot ini akan memberi manfaat tersendiri:     * Transverse abdominis: meningkatkan kemampuan mengangkat barang-barang berat.     * Rectus adbominis: inilah kumpulan otot yang membentuk tampilan six packs di perut. Menguatkan otot ini juga memperbaiki kemampuan berolahraga, khususnya melompat.      * Oblique muscles: memperbaiki kemampuan menekuk tubuh ke samping dan memutar pinggang.     * Glutes (otot bokong): menyangga punggung dan membentuk bokong yang kuat. 2. Menurunkan risiko cidera punggung dan tulang belakang Melakukan gerakan plank bisa membantu Mama membangun otot tanpa memberi tekanan terlalu banyak pada tulang belakang atau pinggul. Menurut American Council on Exercise, melakukan plank secara teratur dapat mengurangi nyeri punggung dan memastikan punggung tersangga dengan baik.

3. Meningkatkan metabolisme Mama jadi lebih banyak membakar kalori dengan gerakan plank daripada latihan otot perut lainnya. Otot-otot perut akan menguat, dan Mama akan membakar lebih banyak energi. Coba lakukan plank setiap sebelum berangkat ke kantor atau memulai aktivitas, maka tingkat metabolisme akan naik.

Plank, Gerakan Simpel yang Cepat Susutkan Perut
4. Memperbaiki keseimbangan tubuh Otot-otot perut yang kuat ternyata dapat meningkatkan keseimbangan tubuh lo, Mam. Kalau Mama melakukan side plank (posisi plank dengan tubuh menyamping) setelah gerakan plank biasa, kemampuan melakukan aktivitas olahraga secara keseluruhan akan membaik.

5. Memperbaiki postur tubuh Banyak orang yang tak sadar dengan postur tubuh yang kurang baik, seperti membungkuk. Nah, plank dapat membantu postur tubuh Mama lebih tegak dan stabil. Menguatkan otot-otot inti dengan plank juga akan menghasilkan postur tubuh yang semestinya, karena otot-otot perut yang kuat memberi efek yang sama terhadap pundak, leher, dada, dan punggung.

Plank, Gerakan Simpel yang Cepat Susutkan Perut
6. Lebih fleksibel Melakukan plank setiap hari akan meregangkan kumpulan otot belakang, seperti hamstring (paha belakang), lengkungan kaki dan jari-jari kaki. Secara keseluruhan, tubuh Mama jadi lebih fleksibel.

7. Memperbaiki kesehatan mental Setelah Mama rutin melakukan gerakan ini, ketegangan dan stres yang Mama alami juga akan berangsur mereda. Plank bermanfaat untuk menenangkan otak, serta melawan kecemasan dan depresi. Manfaat plank akan terasa ketika Mama melakukannya setiap hari, sehingga pada akhirnya akan mampu menikmati semua manfaat untuk kesehatan mental ini.

FOTO: THE BALANCED LIFE ONLINE/WSJ/INSTAGRAM