Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asma

By Gisela Niken, Selasa, 3 Mei 2016 | 05:05 WIB
Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asma (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Gangguan pernafasan ini bisa mengancam kehidupan sebab dapat menyumbat saluran pernafasan dan bisa kambuh kapan saja. Asma juga bisa diperparah dengan makanan lo, Mam. Mama bisa mengurangi dampaknya dengan menghindari beberapa makanan yang harus dihindari penderita asma. Baca juga: Anak asma sering diuap, berbahayakah?

1.Produk hewani Sangat disarankan Mama yang menderita asma untuk mengurangi konsumsi produk hewani. Protein hewan dapat menghambat kelancaran saluran pernafasan. Aneka produk hewani yang perlu dihindari ialah daging dan susu. Mama juga perlu mengurangi telur, aneka olahan susu, ikan dan daging sapi yang bisa saja jadi pemicu. Jika membutuhkan takaran yang aman untuk dikonsumsi, Mama bisa menghubungi dokter.

2.Makanan ber-MSG Asupan natrium sangat perlu dibatasi. Salah satu sumber natrium yang mudah ditemui oleh kita adalah aneka makanan ber-MSG. Natrium dalam kandungan MSG sudah terbukti dapat menimbulkan asma. Sebanyak 200 gr MSG saja sudah dapat membuat penderita asma kambuh. Untuk itu, kurangi makanan yang berada dalam kemasan plastik dan makanan instan. Baca juga: Kurangi gejala asma pada anak dengan makanan ini

3.Minuman soda Sebuah penelitian dari Universitas Adelaide, Asutralia mengungkapkan bahwa minuman bersoda dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asma. Penelitian tersebut menganalisis 16.000 orang yang gemar mengonsumsi minuman bersoda. Hasilnya, setiap 1,5 liter minuman bersoda yang dikonsumsi setiap hari dapat meningkatkan risiko terkena asma dan penyakit saluran pernafasan lainnya dua kali lebih besar.

4. Kentang goreng Kentang goreng mengandung sebuah zat yang disebut sulfit. Zat ini dapat memicu asma kambuh. Selain itu, gorengan memang makanan yang tidak direkomendasikan bagi penderita gangguan pernafasan. Lemak jenuh yang muncul dari gorengan akan menyebabkan lendir dan sangat memungkinkan menghambat saluran pernafasan. Baca juga: Asma berdampak pada kesuburan

Itu dia beberapa makanan yang harus dihindari penderita asma. Gaya hidup memang sangat menentukan sering dan tidaknya menderita asma. Pastikan Mama mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi dan juga menjaga stamina tubuh. Fisik yang terlalu lemah membuat Mama sering mengalami asma.