Pakai Deodoran Sebelum Tidur Malam Lebih Terasa Khasiatnya

By Dini Felicitas, Selasa, 3 Mei 2016 | 02:20 WIB
Pakai Deodoran Sebelum Tidur Malam Lebih Terasa Khasiatnya (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com - Mengaplikasikan deodoran setelah mandi sepertinya sesuatu yang otomatis kita lakukan. Namun sebuah riset mengungkapkan bahwa menggunakan deodoran pada malam hari justru paling baik. Saat itulah efek deodoran dianggap paling efektif.

Kesimpulan ini didapat dari sebuah studi yang diikuti 60 perempuan usia 18-65 tahun, yang lapirannya dimuat di jurnal The Dermatologist, Mei 2009. Disebutkan bahwa mereka yang memakai deodoran pada malam hari keringatnya jauh lebih berkurang setelah tiga, tujuh, dan 10 hari, daripada perempuan yang mengaplikasikannya pada pagi hari. Baca juga: Bau tak sedap pada vagina, penyebab dan cara mengatasinya

Meskipun mekanisme yang pasti belum jelas, diduga deodoran butuh waktu untuk meresap ke dalamp pori-pori selama tidur, dan kemudian berakhir selama berjam-jam setelah bangun tidur.

"Cukup logis sebenarnya, karena jika Anda menggunakan deodoran pada pagi hari, ketika Anda cenderung berkeringat karena dipicu oleh masalah emosional seperti stres, produk itu hanya akan hilang tersapu keringat," kata Dr Nick Lowe, konsultan  dermatologi di London.

Hal yang sama perlu Mama lakukan ketika ingin menggunakan krim antipenuaan. Aplikasikan krim ini pada malam hari. Karena menurut Dr Lowe, bahan aktif krim ini -retinoid- bisa memudar ketika terpapar cahaya yang terang. Baca juga: Hilangkan kulit hitam di lutut, siku dan ketiak dengan resep ini

Krim antijerawat yang biasa Mama beli di apotek atau supermarket seharusnya menjadi krim yang diaplikasikan paling akhir pada malam hari, demikian menurut Sultan Dajani, ahli farmasi dan juru bicara Royal Pharmaceutical Society.

"Hal ini memungkinkan krim untuk bekerja tanpa dipengaruhi hal-hal lain seperti cuaca dan polusi udara," jelasnya. Baca juga: Cara alami usir bau di seluruh badan

Nah, jadi jangan bingung ya, mengapa Mama sudah mengoleskan cukup banyak deodoran tapi keringat masih terasa membanjir. Atau sudah memakai krim antiaging tetapi belum terlihat hasilnya. Mungkin karena Mama memakainya bukan pada saat yang tepat. Mulai sekarang, aplikasikan deodoran pada malam hari.