Khawatir Si Kecil Jadi Pemalu dan Sulit Bergaul? Begini 5 Cara Kreatif Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Selama di Rumah Saja

By Kintan Nabila, Senin, 6 September 2021 | 13:30 WIB
Moms melatih Si kecil untuk bicara (Freepik/wayhomestudio)

Nakita.id - Selama pandemi berlangsung, tentunya Moms dan keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Segala macam bentuk interaksi di lingkungan sosial sudah dibatasi. Hal ini membuat Si Kecil harus menghadiri kegiatan sekolah pertamanya secara virtual.

Moms mungkin khawatir dan bertanya-tanya, "bagaimana cara meningkatkan anak keterampilan bahasa Si Kecil selama di rumah?

Selain itu, nanti saat sudah dimulai sekolah tatap muka, bagaimana kalau Si Kecil tidak bisa berinteraksi dengan teman-temannya?

Baca Juga: Jarang Disadari, 4 Hal Sepele Ini Bisa Hambat Kemampuan Berbahasa Si Kecil

Nah Moms, jangan khawatir! Melansir dari laman Parents, yuk ketahui beberapa cara kreatif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

1. Jangan selalu mengandalkan teknologi

Penelitian menunjukkan, menghabiskan dua jam lebih di depan layar ponsel, tabel, atau laptop setiap harinya, dapat menurunkan perkembangan kognitif balita yang bisa menghambat kemampuannya dalam berbahasa.

Teknologi memang efektif untuk kegiatan belajar, namun durasi pemakaiannya sebaiknya dikurangi.

Moms sebisa mungkin ajaklah anak untuk bermain dengan benda nyata, seperti boneka, mobil-mobilan, atau permainan tradisional petak umpet yang membuatnya aktif bergerak.