Singgung Soal Kematian Dini, Ahli Beri Peringatan Soal 2 Kondisi yang Bisa Meningkatkan Risikonya

By Riska Yulyana Damayanti, Minggu, 12 September 2021 | 19:45 WIB
Kondisi yang meningkatkan risiko kematian dini (Freepik.com/wirestock)

Nakita.id - Ternyata ada kondisi yang meningkatkan risiko kematian dini, Moms.

Melansir dari Eatthis.com (11/9/2021), menurut Studi Global Burden of Disease (GBD) Organisasi Kesehatan Dunia yang dipimpin oleh Christopher Murray, dari University of Washington, ada empat faktor yang merupakan penyebab utama kematian dini.

Yakni, pola makan yang buruk, tekanan darah tinggi, obesita, dan penggunaan tembakau, didefinisikan terjadi sebelum usia 86 tahun di Amerika Serikat.

Sekarang, sebuah studi baru menemukan bahwa dua faktor lain yang digabungkan bersama dapat secara signifikan meningkatkan risiko kematian dini seseorang.

Baca Juga: Bikin Satu Keluarga Panjang Umur, Ahli Beberkan Minuman Sejuta Umat Ini Bisa Turunkan Risiko Kematian Dini

Kurang Tidur dan Diabetes Meningkatkan Risiko Kematian Dini

Siapa sangka, kurang tidur yang dikombinasikan dengan diabetes bisa meningkatkan risiko kematian dini, Moms.

Sebuah penelitian besar yang dilakukan oleh Northwestern University di Chicago dan University of Surrey di Inggris dan diterbitkan dalam Journal of Sleep Research dan melibatkan lebih dari setengah juta orang, mengungkap bahwa kombinasi dari kurang tidur dan diabetes, terutama tipe 2 bisa meningkatkan risiko kematian dini seseorang sebesar 87 persen.

Mereka yang mengidap diabetes tapi tidak memiliki masalah tidur memiliki presentase 12 persen lebih rentan terhadap kematian dini.