Warga Sumatra hingga Papua Harus Waspada! BMKG Beri Peringatan Dini Soal Potensi Banjir yang Bisa Menerjang Daerah-daerah Tertentu Ini

By Riska Yulyana Damayanti, Rabu, 29 September 2021 | 12:00 WIB
Peringatan BMKG soal potensi banjir (Pixabay.com/Hermann)

Nakita.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali memberikan peringatan soal potensi bencana alam yang bisa terjadi.

Kali ini, BMKG memberikan peringatan terkait hujan lebat yang berpotensi menimbulkan banjir di sejumlah wilayah di Indonesia.

Daerah yang dimaksud, yakni mulai dari Pulau Sumatra hingga Papua.

Baca Juga: Alarm Waspada Kembali Berbunyi, BMKG Berikan Peringatan Dini Soal Potensi Adanya Kekeringan Panjang di Wilayah Ini

Beberapa hari terakhir ini, banyak wilayah telah memasuki musim hujan dan dilanda hujan lebat yang kadang disertai angin kencang, serta kilat atau petir.

Namun, tidak hanya itu, disampaikan oleh BMKG, beberapa wilayah di Indonesia bahkan berpeluang banjir.Berdasarkan analisis curah hujan pada dasarian II atau 10 hari kedua bulan September 2021, sebanyak 6,14 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan dan sebagian besar wilayah masih mengalami musim kemarauBerkaitan dengan hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi banjir di dasarian II atau 10 hari terakhir bulan September 2021 ini dengan kategori tinggi dan menengah.Berikut daftar daerah yang diprakirakan berisiko tinggi dan menengah mengalami banjir hingga 30 September 2021.