Keterampilan yang Perlu Dimiliki Anak Saat Masuk Taman Kanak-Kanak

By Saeful Imam, Minggu, 4 Maret 2018 | 21:51 WIB
pola asuh anak 2-3 tahun ()

Nakita.id - Ketakutan orangtua pada anaknya saat masuk TK memang wajar, maklum ini kali pertama anak masuk dunia semi formal.

Biasanya orangtua takut anak tidak memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan teman dan lingkungan sekolah, juga tidak bisa mengurus dirinya.

Sebenarnya skills atau kemampuan-kemampuan apa saja yang musti dipersiapkan orangtua, supaya anak prasekolah siap memasuki jenjang TK?

BACA JUGA : Riset : Konsumsi Makanan ini Saat Hamil dapat Meningkatkan IQ Anak Riset : Konsumsi Makanan ini Saat Hamil dapat Meningkatkan IQ Anak

Berikut kemampuan utama yang sebaiknya dimiliki anak saat hendak masuk TK:

1. Kemampuan anak untuk duduk tenang

Salah satu kegiatan yang akan banyak dilakukan anak usia prasekolah di kelas TK adalah duduk bersama untuk mendengarkan cerita atau bernyanyi bersama.

Kegiatan duduk bersama ini bertujuan untuk membuat anak lebih tenang, sekaligus membantu melatih konsentrasi anak.

Cara melatih:

Persiapan yang harus ibu lakukan agar si kecil betah duduk anteng bersama teman-temannya di kelas, yaitu dengan melatih anak duduk bersama sambil membaca cerita atau bernyanyi di rumah.

Bisa juga dengan membiasakan anak untuk duduk tenang terlebih dahulu saat ingin memberinya snack atau makan, sehingga anak akan belajar, ia harus duduk dahulu sebelum  boleh memakan makanannya.

BACA JUGA : Demi Menghormati Sridevi, Rani Mukerji Tak Merayakan Ulang Tahun