Sulit Dapatkan Donor Darah Spesifik? Indonesia Sudah Punya Solusinya

By Nia Lara Sari, Senin, 5 Maret 2018 | 20:53 WIB
Komponen dalam darah ()

Nakita.id – Moms saat terjadi suatu insiden yang menimbulkan suatu pendarahan hebat, maka hal yang paling dibutuhkan oleh korbannya dalah donor darah.

Dilansir dari webMd, donor darah merupakan prosedur pemberian sejumlah darah sehingga bisa digunakan untuk membantu orang lain.

BACA JUGA: Kanker Payudara Bisa Diobati Tanpa Kemo, Obat Ini Buatan Indonesia

Darah yang disumbang membantu orang yang mengalami keadaan darurat syok, yang membutuhkan pengembalian formula darah segera, seseorang yang mengidap kanker, anemia hingga hemophilia.

Darah yang disumbangkan meliputi sel darah merah, dan hal-hal lain yang menjadi komponen darah, seperti trombosit dan plasma (produk darah).

Produk darah adalah setiap substansi yang dibuat dari darah manusia.

Produk darah bersumber dari manusia yang tidak menimbulkan alergi, sebab kandungan proteinnya persis dengan yang dibutuhkan oleh manusia.  

Produk darah yang disediakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) biasanya produk darah lengkap, maupun yang sudah diproses pemisahan sederhana.   

Darah lengkap yang disediakan PMI biasanya berupa komponen darah, antara lain; Packed Red Cell (PRC), Trombosit Pekat (Platelet Concentrate), Leucopoor PRC (Washed Erythrosit), Plasma segar (fresh plasma), dan Plasma biasa.  

BACA JUGA: Kit Diagnostic, Cepat dan Tepat Deteksi Penyakit Berat dan Turunan

Dr. Neni Nurainy, peneliti senior PT Bio Farma mengungkapkan, dalam beberapa kasus pada beberapa pasien dengan penyakit tertentu, donor darah yang dibutuhkan adalah donor darah yang spesifik.

Misalnya untuk pengobatan hemophilia A, maka yang dibutuhkan untuk donornya adalah rekombinan faktor antihemofilik.