Setelah Vaksinasi Kini Ada Pil Covid-19 Paxvloid Pfizer yang Ampuh Mencegah Pasien Meninggal Hingga 85 Persen, Segini Harganya

By Kirana Riyantika, Senin, 8 November 2021 | 15:00 WIB
Pil obat Covid-19 Paxvloid Pfizer bisa menekan risiko kematian hingga 85 persen (Pexels.com/Cottonbro)

Nakita.id - Berbagai pihak hingga kini masih terus berusaha menciptakan solusi untuk penanganan Covid-19.

Seperti diketahui, Covid-19 menjadi wabah di banyak negara di dunia.

Salah satu upaya untuk mencegah merebaknya wabah Covid-19 adalah dengan vaksinasi Covid-19.

Setelah vaksin Covid-19 yang gencar diberikan, pil obat Covid-19 pertama yang bisa diminum memiliki hasil uji coba memuaskan dan akan segera dipasarkan untuk mengurangi risiko kesakitan dan kematian akibat pandemi virus corona.

Baca Juga: Kartu Vaksin Hilang dan Takut Data Bermasalah? Ternyata Justru Ini Pentingnya Tidak Mencetak Sertifikat Vaksin Covid-19

Pil molnupiravir buatan raksasa farmasi Amerika Serikat (AS) Merck dan obat paxlovid racikan Pfizer sama-sama diklaim mengurangi risiko rawat inap atau kematian, dengan efektivitas tinggi.

Keduanya adalah pil yang harus langsung diminum setelah gejala pertama Covid-19 muncul, untuk menghindari bentuk penyakit yang serius dan rawat inap di rumah sakit.

Setelah berbulan-bulan melakukan penelitian, Merck dan Pfizer akhirnya mengatakan mereka telah mencapai hasil uji coba yang memuaskan.

Pada awal Oktober Merck mengatakan, sedang mengajukan persetujuan di AS untuk pil molnupiravir-nya, dan Pfizer mengikutinya pada Jumat (5/11/2021) dengan paxlovid.