Jangan Anggap Sepele, IDAI Ingatkan Pentingnya Peka Terhadap Diabetes pada Anak

By Debora Julianti, Sabtu, 13 November 2021 | 19:15 WIB
Diabetes (freepik)

Nakita.id – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang harus kita waspadai.

Diabetes bisa diderita oleh siapa saja, bukan hanya orang tua namun anak kecil maupun bayi bisa menderita penyakit diabetes.

Sebagai memperingati hari diabetes tanggal 14 November, Ikatan Dokter Anak Indonesia mengadakan seminar media yang bertemakan “Peringatan Hari Diabetes: Manfaatkan Layanan Diabetes”.

Seminar ini dihadiri oleh beberapa dokter spesialis Prof Dr dr Aman Pulungan, SpA(K), FAAP, FRCPI (Hon.) selaku Executive Director International Pediatric Association (IPA) atau Asosiasi Dokter Anak Internasional, President Asia Pacific Pediatric Association (APPA), serta anggota Dewan Penasehat Physician International Society for Pediatric and Adolescent Diabetics (ISPAD).

Selain itu juga ada dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) Selaku Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Dr Muhammad Faizi, SpA(K) selalu Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Endokrinologi IDAI.

Menurut dr. Piprim kasus diabetes di Indonesia mau pun di dunia semakin meningkat, pada tahu 2013 diabetes meletus tipe 2 sebanyak 6,9%, kemudian pada tahun 2018 naik menjadi 10,9%.

“Pada anak itu terdapat diabetes tipe 1 dan tipe 2. Untuk diabetes tipe 1 IDAI sudah mempunyai data registry yang tercatat sebanyak sekitar seribu dua ratus sekian diseluruh Indonesia. Namun tentu saja jumlah yang sebenarnya pasti lebih banyak dari itu. Hal itu terjadi karena kita memiliki kendala dalam hal pencatatan" jelas dr. Piprim.

Baca Juga: Moms Harus Waspada, Diabetes Pada Anak Bisa Menimbulkan Komplikasi Berbahaya