Perkembangan Kemampuan Berbicara Pada Masa Kanak-kanak Awal, Melatih Mendengar Sama Pentingnya

By David Togatorop, Rabu, 24 November 2021 | 07:40 WIB
Kemampuan berbicara masa kanak-kanak awal diawali dengan melatih kemampuan mendengar. (Pixabay)

Nakita.id – Setelah masa bayi dilalui selama sekitar dua tahun, maka anak akan memasuki masa kanak-kanak awal, atau juga disebut sebagai masa prasekolah.

Dalam masa kanak-kanak awal ini, kemampuan anak akan berkembang dengan sangat pesat, salah satunyanya adalah dalam hal komunikasi dengan berbicara.

Bila pada masa bayi, anak akan lebih menggunakan kemampun komunikasi prabicara dengan menangis, menunjuk atau mengoceh maka pada masa kanak-kanak awal kemampuan bicara akan sangat meningkat.

Menurut pakar psikologi perkembangan Elizabeth Hurlock, kemampuan berbicara melalui kalimat pada diri anak sebenarnya didorong dari dalam dirinya sendiri.

Baca Juga: Ciri Perkembangan Anak Pada Masa Kanak-kanak Akhir, Sering Dicap Sebagai Masa Sulit

Ada dua alasan yang mendasarinya.

Pertama, pada usia kanak-kanak awal ini anak akan mengalami perkembangan dalam keinginan bersosialisasi terutama dengan teman sebaya. Karena itu, kemampuan berbicara merupakan dorongan alamiah untuk meleburkan dirinya dalam pertemanan sebagai bentuk sosialisasi.

Kedua, pada masa kanak-kanak awal ini anak mempunyai keinginan untuk tidak dianggap sebagai bayi. Karena itu anak akan mengembangkan kemampuan berbicara sebagai bentuk kemandirian dan lepas dari masa bayi.