Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Kembali di Tahun 2022, Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya, Jangan Sampai Terlambat

By Shannon Leonette, Kamis, 9 Desember 2021 | 11:56 WIB
Pendaftaran Kartu Prakerja dibuka kembali di tahun 2022. (prakerja.go.id)

 

Nakita.id - Pendaftaran Kartu Prakerja akan kembali dibuka di tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio Kacaribu.

"Tahun 2022, program kartu prakerja masih terus dilanjutkan. Skema pelaksanaannya bersifat semi bantuan sosial, tetapi tetap dilakukan dan bersifat reguler, dan akan dimulai dengan mempertimbangkan situasi semakin kondusif," ujarnya seperti yang dilansir Tribunnews (8/12/2021).

Febrio menjelaskan, pemerintah secara keseluruhan mengalokasikan dana perlindungan sosial sebesar Rp 252,3 triliun tahun depan.

"Dari alokasi tersebut, anggaran untuk kartu prakerja sebesar Rp11 triliun atau 4,3 persen dari anggaran perlindungan sosial," katanya.

Di sisi lain, pihaknya memberikan apresiasi atas segala capaian yang sudah diperoleh oleh program kartu prakerja dalam membantu pemulihan ekonomi nasional, meski dengan beberapa catatan.

"Ini kiranya tetap dilakukan upaya perbaikan berkelanjutan dengan meningkatkan tata kelola program secara semakin transparan dan akuntabel," kata Febrio

"Lalu, juga dari sisi pengadaan barang jasa pemerintah, termasuk verifikasi atas lembaga pelatihan yang diusulkan oleh mitra platform digital," tambahnya.

Baca Juga: Para Ibu Rumah Tangga Bersorak, Ini Dia Cara Daftar Kursus Gratis Membuat Kue yang Ada di Kartu Prakerja Gelombang 22, Gampang Banget!