Wow, Anak Mahir Berbahasa Asing Dapat Menambah Kecerdasannya!

By Fadhila Afifah, Kamis, 15 Maret 2018 | 21:23 WIB
Manfaat anak menguasai bahasa asing ()

Nakita.id - Moms, menguasai bahasa asing kini sudah menjadi keharusan jika kita ingin bersaing di dunia kerja maupun pendidikan.

Apalagi jika diajarkan sejak dini pada Si Kecil.

Anak-anak yang belajar bahasa asing akan bisa berkomunikasi dengan baik, tidak mudah frustrasi, dan ulet dalam mencari beragam cara guna memecahkan masalah, demikian menurut American Council on the Teaching of Foreign Languages.

BACA JUGA: Ini Usia Ideal Jika Ingin Mengenalkan Bahasa Asing Kepada Si Kecil

“Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar bahasa asing memiliki perkembangan yang luar biasa dalam keterampilan kognitif, kreativitas, bahasa, matematika, dan sains,” ujar Ingrid Pufahl, linguis dan peneliti di Center for Applied Linguistics di Washington, D.C.

Mereka juga mampu memecahkan masalah dengan lebih baik serta berpikir di luar kotak, karena mereka telah dipaparkan sudut-sudut pandang yang berbeda dan bahasa yang berbeda pula.

Namun selain alasan-alasan tersebut, beberapa penelitian menunjukkan bahwa berbicara lebih dari satu bahasa sebenarnya menyehatkan, terutama untuk bagian otak.

BACA JUGA: Catat, Anak yang Sering Dimarahi Akan Memiliki Konsep Diri Negatif

Nah ini dia manfaat lainnya jika kita atau Si Kecil mahir berbahasa asing Moms.

1. Kelenturan kognitif

Orang dewasa yang bisa berbicara dua bahasa sejak masih anak-anak diketahui memiliki fleksibilitas kognitif yang lebih baik.

Artinya, mereka lebih mampu beradaptasi di lingkungan baru atau yang tak terduga.

2. Otak lebih tajam