Menakjubkan! Bagaimana Lidah Bayi Bekerja Saat Menyusu Pada Ibunya

By Ipoel , Senin, 30 Mei 2016 | 06:15 WIB
Menakjubkan! Bagaimana Lidah Bayi Bekerja Saat Menyusu Pada Ibunya (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Rasanya, tidak terbayangkan ya bagaimana bayi yang baru lahir memiliki kemampuan menyusu. Tapi Tuhan telah memberikan anugerah pada si kecil untuk mempunyai kemampuan tersebut. Bila Mama masih ragu, video ini akan memberikan informasi menakjubkan, ternyata bayi yang baru lahir dengan mulut terbuka punya refleks berkedut di bagian belakang lidah saat menunggu kedatangan susu pertamanya.

Baca juga: Fakta ASI, Komposisi ASI Berbeda dari Hari ke Hari. ASI hari pertama berbeda dengan hari kedua, dan seterusnya

Video berdurasi 27 detik berhasil diabadikan oleh Dina Ayoub-Gotierrez yang mengunggah rekaman yang luar biasa itu di jejaring sosialnya. Dalam video itu diperlihatkan, bagaimana mulut sang bayi terbuka dan berkedut sebagai bagian dari reflek untuk mengisap ASI. Dia mengatakan: "Ini menjadi salah satu hal paling keren yang pernah saya rekam, ini adalah bagaimana lidah bekerja saat menyusui,"Hasilnya luar biasa, dalam beberapa saja video telah dilihat lebih dari 4.000 kali dan dibagikan sedikitnya lebih dari 100, Diberitakan Mirror.co.uk, Selasa (11/8/2015).

Simak videonya di sini:

Baca juga: Duh ASI saya kurang? Jangan cemas dulu, apalagi sampai memberikan susu formula. Intip kiatnya di sini 

Nah, menurut Ketua Sentra Laktasi Indonesia (SELASI) dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC. Hal itu ada benarnya. Seorang bayi  baru lahir tanpa perlu dilatih,  tanpa perlu dipandu, hanya  dengan insting dapat mencari  sendiri sumber kehidupannya?  Sungguh menakjubkan, bukan?

Lebih lanjut, Wiyarni atau akrab disapa dr Oei, menjelaskan Inisiasi Menyusu Dini sesungguhnya hanyalah proses sederhana, yaitu meletakkan bayi begitu lahir dalam posisi tengkurap kontak kulit-ke-kulit di dada atau perut ibunya, dan dibiarkan setidaknya satu jam. Wiyarni pun menggambarkan bagaimana proses inisiasi menyusu dini berlangsung:

1. Awalnya bayi menangis sebentar. Tangisan kelahiran ini sangat khas, merupakan tanda paru mulai berfungsi.

2. Kemudian mereka akan memasuki tahap relaksasi, proses adaptasi singkat untuk mengatur denyut jantung, pernapasan dan temperatur.

3. Pada menit ke-1 sampai dengan menit ke-5 bayi akan bangun dan terjaga.

Baca juga: Ingin ASI deras? Simak rahasianya berikut ini