Sebelum Berikan kepada Si Kecil, Ketahui Dulu 4 Mitos dan Fakta Seputar Susu Kambing Formula Ini

By Fathia Yasmine, Rabu, 22 Desember 2021 | 13:53 WIB
Ilustrasi konsumsi susu kambing formula (Dok. Shutterstock)

Nakita.id – Banyak Moms menjadikan susu formula sebagai alternatif sumber nutrisi bagi si kecil. Terlebih, bila Moms tidak dapat memenuhi pemberian air susu ibu (ASI) karena alasan tertentu.

Susu formula sendiri biasanya dibuat dari susu sapi atau bagi anak yang alergi susu sapi, susu berbahan dasar kedelai menjadi pilihan.

Sebenarnya, pilihan susu formula tidak hanya itu. Saat ini, tersedia juga susu formula yang terbuat dari susu kambing.

Susu formula jenis ini sudah banyak digunakan oleh para Moms di berbagai negara. Berdasarkan hasil penelitian terkini, kualitas dan nutrisi dari susu kambing formula ternyata juga  tidak kalah unggul dengan susu sapi.

Baca Juga: Bayi Susah Tidur Siang Bisa Pengaruhi Tumbuh Kembangnya, Ini Kata Ahli Soal Jam Tidur Cukup untuk Si Kecil

Namun, masih banyak Moms di Indonesia yang ragu untuk mencoba susu kambing formula sebagai penopang gizi si kecil. Pasalnya, masih banyak mitos beredar di kalangan Moms mengenai susu kambing formula.

Oleh sebab itu, Nakita rangkumkan hasil penelitian terkini yang dapat menjelaskan mitos seputar susu kambing formula buat Moms.

Susu Kambing hanya untuk orang dewasa

Mitos pertama yang sering beredar adalah susu kambing tidak cocok untuk dikonsumsi anak-anak. Hal tersebut tidaklah benar.

Faktanya, susu kambing formula berbeda dengan susu kambing segar atau bubuk yang ada di pasaran. Susu kambing formula dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Baca Juga: Astaga Niat Banget! Daerah Tempat Tinggalnya Tak Punya Bioskop, Pria Asal Timika Rela Lakukan Hal Ini Selama 6 Bulan Agar Bisa Nonton Film Kesukaannya, 'Aku Merencanakan Ini dari Bulan Juni'

Selain itu, susu kambing formula juga wajib memenuhi persyaratan gizi sesuai dengan ketetapan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).