Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat untuk Cegah Risiko Stunting pada Anak, Ibu Hamil Wajib Catat Langkah-langkahnya!

By Kintan Nabila, Selasa, 18 Januari 2022 | 13:10 WIB
Menjaga kehamilan tetap sehat (Freepik/gpiontstudio)

Nakita.id - Menjaga kehamilan yang sehat penting sekali untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Selain itu, setiap Moms tentunya ingin persalinan berjalan lancar dan Si Kecil mengalami pertumbuhan yang optimal sesuai usianya.

Oleh karenanya, ketika anak lebih pendek dari teman-teman sebayanya mungkin Moms dan Dads mulai khawatir.

Pasalnya, gejala ini dikaitkan dengan stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak.

Menurut World Health Organization (WHO), stunting adalah gangguan tumbuh kembang anak karena kurangnya asupan gizi, terserang infeksi, maupun stimulasi psikososial yang tak memadai.

Salah satu cirinya adalah, tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari standar anak-anak seusianya.

Juliawaty Salim, Sp.A, Dokter Spesialis Anak di RS Mitra Keluarga Kemayoran, mengatakan bahwa sebetulnya stunting bisa dicegah sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan.

1000 hari pertama kehidupan terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupan buah hati.

"Mencegah terjadinya stunting tidak dimulai ketika anak sudah dilahirkan, tapi sudah dimulai sejak 1000 hari pertama kehidupan saat anak dalam kandungan," katanya dalam wawancara eksklusif bersama Nakita, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Kontak Fisik Ibu dan Bayi Saat Inisiasi Menyusui Dini Tingkatkan Keberhasilan ASI Eksklusif untuk Cegah Stunting

Oleh karenanya, dr Julia menekankan penting bagi Moms untuk menjaga kehamilan tetap sehat agar Si Kecil terhindar dari risiko stunting.

"Ketika kita sudah berencana untuk punya anak pastikan penuhi kebutuhan nutrisi yang cukup untuk diri sendiri," kata dr Julia.