4 Tips Melatih Agar Bayi Tidak Hipersensitif dan Takut Terhadap Rumput

By Debora Julianti, Jumat, 4 Februari 2022 | 13:27 WIB
Bayi yang takut rumput merupakan hal yang wajar (pexels)

Nakita.id – Bayi biasanya saat baru menemukan sesuatu asing yang menyentuh tubuhnya tentu akan membuat mereka merasa risi.

Apakah Moms pernah melihat video atau melihat secara langsung bayi yang tidak mau menyentuh rumput?

Jika Moms pernah menemukan hal tersebut, sebaiknya hal tersebut tidak boleh Moms anggap sepele.

Saat bayi mulai berusia 7 bulan dan bertambah kemampuannya termasuk fisik motorik, orangtua pun akan semakin terkesan melihat pertumbuhan si Kecil.

Bayi 7 bulan mulai belajar merangkak, namun seiring dengan bertambahnya usia bayi, seringkali si Kecil menunjukkan rasa takut terhadap berbagai benda di sekitarnya.

Banyak yang bilang meletakkan bayi di rumput akan membantunya belajar merangkak dan berjalan karena mengasah kemampuan sensori.

Namun, seringkali yang ditemui adalah bayi histeris karena bayi takut rumput itu bisa menandakan jika anak mengalami hipersensitif.

Hipersensitif merupakan salah satu gangguan modulasi sensori yang membuat anak bereaksi berlebihan terhadap pengalaman sensori dan jika dibiarkan akan mengganggu perkembangan anak.

Melansir dari BabyCanter, berikut beberapa tips yang bisa Moms lakukan agar anak tidak takut lagi terhadap rumput.

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain di Luar untuk Si Kecil, Mulai dari Meningkatkan Keterampilan Sensorik hingga Mendewasakan Emosi

1. Memperkenalkan Bayi Berbagai Macam Tekstur

Tips pertama dalam mengatasi bayi takut rumput adalah mengasah sensori indera perabanya berupa memperkenalkan dengan berbagai macam tekstur.