Peringatan Cuaca Ekstrem Sabtu 5 Februari 2022, Ada 32 Wilayah di Indonesia yang Akan Terkena Dampaknya, Mana Saja?

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 4 Februari 2022 | 18:42 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Sabtu 5 Februari 2022 (Pexels.com)

Nakita.id - Peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Indonesia bakal dihantam cuaca ekstrem.

Mengutip dari BMKG, ada 32 wilayah di Indonesia yang akan mengalami cuaca ekstrem.

Sebanyak 28 wilayah berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Sebanyak 28 wilayah tersebut di antaranya, Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Maluku.

Dan sisanya berpotensi mengalami angin kencang saja.

Hal ini dipengaruhi dari pusat tekanan rendah terpantau di perairan sebelah barat Australia.

Lalu, membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari perairan sebelah barat Sumatera Barat hingga Sumatera Selatan dan di perairan sebelah selatan Jawa Tengah.

Sirkulasi siklonik juga terpantau di Samudera Hindia sebelah barat daya-selatan Banten yang membentuk konvergensi memanjang di perairan sebelah barat daya Lampung.Kedua pola siklonik ini mampu menginduksi kecepatan angin di sekitarnya meningkat (low level jet) hingga mencapai >25kt yaitu di perairan sebelah barat Lampung hingga selatan Jawa Barat. Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di utara Kalimantan Barat.

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Dini, Jumat 4 Februari 2022 Ada 27 Wilayah yang Berpotensi Mengalami Cuaca Ekstrem Mulai dari Hujan Lebat hingga Hujan Disertai Angin Kencang dan Petir, Daerah Mana Saja?

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan peningkatan tinggi gelombang di sekitar pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan low level jet tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang:

- Aceh