Segera Lindungi Diri Sendiri! BMKG Beri Peringatan untuk Indonesia Pada Minggu 13 Februari 2022, Mulai dari Aceh Sampai Papua Barat Akan Mengalami Cuaca Ekstrem

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 12 Februari 2022 | 18:18 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 13 Februari 2022, sederet wilayah ini bakal diguyur hujan lebat hingga angin kencang (Pexels.com)

Nakita.id - Sebelum pergi keluar rumah ada baiknya Moms mengetahui prediksi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pasalnya BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 13 Februari 2022.

Dari data ada 28 wilayah yang akan mengalami cuaca ekstrem mulai dari hujan lebat hingga disertai angin kencang

Ini karena sirkulasi siklonik teramati di Samudra Hindia selatan Jawa, di Kalimantan Barat bagian utara dan di sekitar Laut Seram. Lalu, membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah, dari Maluku Utara hingga Maluku, dan di Kalimantan bagian utara.

Daerah konvergensi lainnya memanjang di Aceh, Jawa Barat hingga Jawa Tengah, Nusa Tenggara, Selat Makassar bagian selatan hingga Laut Flores, dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi tenggara, dan di Papua bagian tengah.

Lalu membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Barat, di selat Makassar, dari Sulawesi bagian utara hingga Sulawesi bagian tengah.

Daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di Pesisir barat Sumatera, Laut Jawa, dan Samudra Hindia Selatan Jawa. Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Barat

Baca Juga: Tolong Berlindung! BMKG Tiba-tiba Beri Peringatan Pada Jumat 11 Februari 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem di Aceh hingga Papua Barat

- Jambi

- Sumatera Selatan