BMKG Mendadak Beri Peringatan Pada Kamis 24 Februari 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem! Mulai Aceh hingga Papua Diguyur Hujan Lebat, Sisanya Akan Mengalami Angin Kencang

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 23 Februari 2022 | 18:53 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Kamis 24 Februari 2022 (Pixabay)

Nakita.id - Sebelum melakukan perjalanan jauh, baiknya Moms dan Dads harus mengetahui prediksi cuaca pada Kamis 24 Februari 2022.

BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan salah satu badan yang memang disiapkan untuk memberikan laporan cuaca setiap hari.

BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada masyarakat bila terdeteksi dalam sistem. Hal ini agar Moms dan Dads bisa dengan tenang melakukan aktivitas di luar atau di dalam rumah.

Dengan mengetahui cuaca yang akan terjadi pula, Moms dan Dads bisa bersiap-siap untuk menghadapinya.

Dari pengumuman BMKG, ada 33 wilayah yang akan mengalami cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem ini meliputi hujan lebat yang disertai kilat hingga terjadinya angin kencang.

Ini karena terdapat pusat tekanan rendah terpantau di Samudera Hindia sebelah barat daya Banten.

Dan di Laut Timor yang membentuk daerah peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (Low Level Jet) yang memanjang dari laut flores hingga Laut Timor dan dari Laut Seram hingga Laut Banda.

Kondisi inilah yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang di Kalimantan Selatan hingga Selat Makassar, Sulawesi bagian selatan, Laut Jawa, NTB, NTT.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Aceh, dari Sumatera Utara hingga Jambi, dari Bengkulu hingga Lampung, dari Banten bagian selatan hingga Jawa Barat, di Jawa Timur, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, Sulawesi bagian tengah, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga: Tolong Berlindung! BMKG Mendadak Beri Peringatan pada Minggu 20 Februari 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Hampir Semua Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Lebat Hingga Angin Kencang

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Kamis (24/02/2022):