Jangan Memberi Minum Saat Bayi Tersedak, Berikut Cara Menangani yang Tepat

By Debora Julianti, Jumat, 25 Februari 2022 | 18:49 WIB
Jangan memberikan bayi minum saat tersedak, jika tidak ingin semakin parah (freepik)

Nakita.id – Moms tersedak nyatanya bisa terjadi kepada siapa saja, salah satunya adalah bayi.

Bayi biasanya tersedak biasanya disebabkan oleh karena kemampuan oromotornya masih dalam proses belajar.

Bayi kerap kali tersedak karena ASI yang keluar dari payudara Moms terlalu deras sehingga bayi belum bisa mengatur pernapasan, menyedot dan menelan secara baik.

Tersedak biasanya terjadi karena adanya sumbatan pada saluran pernapasan baik secara keseluruhan maupun Sebagian.

Hal ini membuat anak menjadi sulit untuk bernapas, bahkan jika tidak segera ditangani bayi yang tersedak bisa menyebabkan kematian.

Menurut Dr. Liza Fitria, Sp.A daru Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) mengatakan jika anak saat tersedak tidak lagi batuk, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit.

“Bayi saat tersedak biasanya akan batuk iya, maka Moms bisa langsung meminta anak untuk terus batuk agar makanan atau sesuatu yang menyumbat tersebut dapat keluar. Namun jika anak sudah tidak batuk saat tersedak, bahkan badan anak sudah membiru sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit”ujar Dr.Liza saat diwawancarai Nakita, Jumat (25/02/2022).

Jika saat tersedak bayi malah cenderung diam, dan tidak batuk-batuk sebaiknya tanpa berpikir lama Moms harus segera membawanya ke rumah sakit.

Namun ada baiknya Moms segera membawa anak yang tersedak langsung kerumah sakit, agar tidak terlambat dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 Baca Juga: Segera Ditangani atau Jika Tidak, Ini Risiko yang Mungkin Terjadi Saat Bayi Tersedak

Hal yang pertama harus Moms lakukan saat bayi tersedak adalah mencari tahu penyebabnya.

Bayi biasanya tersedak bukan saja karena ASI Moms yang terlalu deras, namun oleh beberapa makanan yang licin atau benda yang licin.