Kuncinya Hanya Perlu Penuhi Asupan Nutrisi Ini Setiap Hari, Manfaatnya Bisa Terhindar dari Kematian Sel Saraf

By Syifa Amalia, Minggu, 6 Maret 2022 | 19:55 WIB
Jenis nutrisi ini bisa cegah kematian sel saraf. (Pixabay.com)

Nakita.id – Seperti bagian tubuh yang lain, otak juga memerlukan nutrisi untuk menjaga fungsi kognitifnya.

Terutama asupan harus diberikan secara penuh pada Si Kecil yang dalam masa emas pertumbuhanya.

Apabila tidak mendapat nutrisi yang cukup, kesehatan otak akan terhambat.

Secara khusus, mengonsumsi beberapa jenis nutrisi ini dapat melindungi sistem saraf otak serta memaksimalkan kapasitas mental kita.

Setidaknya makanan yang Moms konsumsi setiap hari harus memiliki kandungan sebagai berikut.

1. Vitamin D

Selama ini, kita mengenal vitamin D karena perannya dalam menjaga tulang yang kuat, vitamin yang larut dalam lemak juga sangat penting untuk kesehatan saraf. Hal ini karena vitamin D, membantu menjaga struktur dan integritas neuron.

Amanda Holtzer, RD, seorang ahli diet terdaftar mengatakan hal ini seperti yang dilansir dari Livestrong, "Ini melindungi kita dari peradangan saraf, yang biasanya mendahului penurunan kognitif dan degenerasi saraf.

Terlebih lagi kalsitriol, suatu bentuk vitamin D3, telah terbukti meningkatkan kadar antioksidan seperti glutathione, yang melindungi jalur konduksi saraf di otak. Pada dasarnya, vitamin D melindungi otak dari efek penuaan dan meningkatkan kesehatan mental.

Baca Juga: Hati-hati Moms! Kandungan dalam Ikan Ini Picu Resiko Berbahaya Bagi Perkembangan Otak, Jangan Terlalu Sering

Vitamin D hadir dalam makanan tertentu termasuk tuna, salmon, mackerel, hati sapi dan kuning telur. Selain itu, tubuh ternyata juga dapat memproduksi vitamin D dengan paparan sinar matahari.

Saat kulit terkena sinar matahari, sel reseptor khusus mengubah sinar UVB menjadi vitamin D. Oleh karena itu setidaknya menghabiskan waktu 15 menit di luar ruangan setiap hari adalah cara yang tepat untuk mendapatkan vitamin ini.