Harus Sering-sering Dilakukan, Pakai Cara Ini Untuk Membersihkan Ponsel Agar Terbebas dari Kuman

By Syifa Amalia, Senin, 7 Maret 2022 | 09:00 WIB
Langkah mudah membersihkan ponsel agar terhindar dari bakteri. (Pixabay.com/Mariakray)

Nakita.id  - Apakah Moms sudah membersihkan ponsel hari ini?

Meskipun dari luar tampak tidak ada sesuatu yang salah, namun siapa sangka di sanalah tempat bakteri berkumpul sampai tidak terhitung jumlahnya.

Sama seperti gagang pintu, keranjang belanja di supermarket, hingga benda-benda yang ada di tempat umum lainnya, jari-jari Moms akan menemukan banyak benda kotor.

Sehingga sangat memungkinkan untuk kuman yang menempel di tangan akan berpindah ke ponsel kita.

Risiko terpapar virus juga kian besar lewat ponsel yang selalu ada di genggaman kita sepanjang waktu.

Dan ketika berbicara tentang virus corona baru, sebuah studi Maret 2020 di The New England Journal of Medicine menemukan bahwa virus tersebut dapat hidup di permukaan plastik dan stainless steel hingga tiga hari.

Kita tidak hanya menularkan kuman ke ponsel dengan jari kotor kita, tapi juga kebiasaan sembarangan menempatkan ponsel di permukaan yang mungkin tidak bersih.

Mungkin yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah berdasarkan studi Juli 2015 di Advanced Biomedical Research dilansir dari Livestrong, yang menemukan hampir 82 persen telepon petugas kesehatan menunjukkan pertumbuhan bakteri patogen (termasuk staphylococcus dan E. coli), yang menunjukkan bahwa perangkat seluler mungkin menjadi sumber infeksi potensial di rumah sakit.

Setelah mengetahui ini, apakah Moms masih membiarkan ponsel semakin kotor?

Baca Juga: Kesalahan Pakai Ponsel yang Bisa Membahayakan Kesehatan, Jangan Dibiasakan Kalau Tidak Mau Menanggung Risikonya

Tidak seperti benda lain yang dapat dibersihkan hanya dengan air dan sabun, sayangnya ponsel tidak bisa diperlakukan sama.

Berikut ini adalah langkah mudah yang bisa Moms lakukan untuk mendisinfeksi ponsel.