Paprika Ternyata Bisa Meredakan Hidung Tersumbat karena Flu, Ketahui Apa Saja Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

By Kintan Nabila, Selasa, 8 Maret 2022 | 19:12 WIB
Manfaat paprika untuk kesehatan tubuh (Pexels.com/Snapwire)

Nakita.id - Moms, pasti sudah tak asing lagi dengan paprika. Bahan makanan yang satu ini sering kita temukan sebagai topping pizza dan dalam menutup tumisan lainnya.Namun, tahukah Moms, kalau ternyata paprika atau nama lainnya Capsicum annuum termasuk ke dalam kelompok buah yakni terong-terongan. Paprika memiliki rasa manis dan sedikit pedas yang khas di lidah. Melansir dari GridHEALTH, berikut manfaat paprika untuk kesehatan. 1. Mengatasi hidung tersumbat Paprika ternyata bisa mengatasi masalah hidung tersumbat loh! Hal ini lantaran, paprika mengandung senyawa capsaicin yang membuatnya mampu menghasilkan rasa pedas dan panas. Khasiatnya dapat membantu membersihkan saluran hidung yang tersumbat karena flu. Baca Juga: Tikus di Rumah Dijamin Langsung Ngibrit Keluar dan Kapok Balik Lagi Berkat Paprika yang Diolah Seperti Ini

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Paprika adalah sumber vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan. Vitamin C juga membantu memproduksi lebih banyak sel darah putih yang dapat melindungi kita dari fludan infeksi berulang. 3. Membantu menurunkan berat badan Capsaicin mampu meningkatkan metabolisme dan membantu penurunan berat badan. Faktanya, banyak suplemen dan pil penurun berat badan yang mengandung capsaicin. 4. Mengatasi gangguan pencernaan Capsaicin juga efektif dalam melindungi perut dari bakteri berbahaya. Khasiatnya dapat mengurangi gejala gangguan pencernaan dan mencegah sakit maag. Baca Juga: Dijamin Lebih Ampuh dari Jebakan Ataupun Lem, Tikus Bisa Langsung Mati dan Kapok Datang Lagi ke Rumah Hanya dengan Potongan Paprika, Begini Caranya

5. Mencegah penyakit kardiovaskular Capsaicin juga memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif dalam mencegah penyakit kardiovaskular.

Misalnya seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi dan diabetes. 6. Menjaga kesehatan mata Paprika mengandung antioksidan yang tergolong tinggi. Beberapa jenis antioksidan yang bisa ditemukan pada paprika antara lain adalah lutein dan zeaxanthin. Fungsinya untuk memelihara kesehatan mata serta mencegah katarak dan degenerasi makula. Tak hanya itu, paprika juga mengandung vitamin A, C, dan E yang juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Nah Moms, yuk mulai tambahkan paprika ke dalam menu masakan sehari-hari.

Baca Juga: Konsumsi Sederet Makanan Ini Setiap Hari Bisa Buat Panjang Umur, Salah Satunya Paprika

Artikel ini telah tayang di GridHEALTH dengan judul "Manfaat Paprika, Memang Pedas tapi Bisa Mengatasi Hidung Tersumbat"