Selamatkan Diri Kalian! BMKG Mendadak Beri Peringatan pada Rabu 9 Maret 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Hampir Semua Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Lebat Hingga Angin Kencang, Kecuali DKI Jakarta

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 8 Maret 2022 | 19:58 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Rabu 9 Maret 2022 (Pixabay.com)

Nakita.id - Sebelum melakukan aktivitas di luar rumah, baiknya Moms dan Dads harus mengetahui prediksi cuaca pada Rabu 9 Maret 2022.

BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan salah satu badan yang memang disiapkan untuk memberikan laporan cuaca setiap hari.

BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada masyarakat bila terdeteksi dalam sistem. 

Hal ini agar Moms dan Dads bisa dengan tenang melakukan aktivitas di luar atau di dalam rumah.

Dengan mengetahui cuaca yang akan terjadi pula, Moms dan Dads bisa bersiap-siap untuk menghadapinya.

Dari pengumuman BMKG, ada 30 wilayah yang akan mengalami cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem ini meliputi hujan lebat yang disertai kilat hingga terjadinya angin kencang.

Bukan tanpa alasan BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Rabu 9 Maret 2022.

Dari pernyataan Deputi Bidang Meteorologi, menyampaikan adanya sirkulasi siklonik terpantau di Laut Sulawesi-Laut Sulu, di NTB-NTT, di perairan sebelah barat Aceh dan di perairan sebelah barat Bengkulu yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Aceh, di Sumatera Barat, dari perairan sebelah barat Sumatera Barat hingga Bengkulu, di Lampung, di pesisir selatan Jawa, di Laut Natuna timur, dan di Kalimantan Utara.

Baca Juga: Tolong Berlindung! BMKG Mendadak Beri Peringatan pada Minggu 6 Maret 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Hampir Semua Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Lebat Hingga Angin Kencang, Kecuali 3 Provinsi Ini

Serta, daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di perairan sebelah selatan Kalimantan Selatan, di Laut Banda, dan di NTT bagian timur.

Daerah Konvergensi lainnya memanjang di Selat Malaka, dari Selat Karimata hingga Kalimantan Tengah, dari Lampung hingga Laut Jawa, dari Selat Makassar hingga Sulawesi Tenggara, dan di Maluku serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Selat Makassar bagian selatan dan Papua.