Padahal Niatnya Ingin Badan Lebih Segar dan Bugar, Ternyata Ini Penyebab Kenapa Kita Sering Ngantuk Setelah Olahraga di Pagi Hari

By Kintan Nabila, Rabu, 23 Maret 2022 | 07:00 WIB
Penyebab sering mengantuk saat olahraga pagi (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Nakita.id - Siapa yang sering ngantuk setelah olahraga di pagi hari? Bukannya bikin tubuh jadi segar, beberapa orang justru ingin kembali tidur setelah olahraga, lo!Hal ini akhirnya membuat produktivitas kita menurun sepanjang hari. Melansir dari Healthline, manfaat olahraga salah satunya untuk meningkatkan detak jantung dan melancarkan aliran darah. Sehingga, membuat tubuh terasa bugar, lebih terjaga, pikiran jadi lebih fokus, dan kesehatan meningkat. Tapi, kenapa ya kira justru jadi mengantuk setelah olahraga? Sebelumnya, perlu diingat bahwa kondisi fisik setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, efek olahraga sangat tergantung dengan tingkat kebugaran, pola makan, tingkat hidrasi, jenis dan intensitas olahraga, serta kondisi kesehatan. Apabila setelah olahraga kita cenderung merasa mengantuk, coba kenali beberapa penyebabnya.

Baca Juga: Sudah Punya Banyak Anak Tapi Badannya Tetap Langsing, Ternyata Tetangga Sebelah Rumah Cuma Konsumsi Bumbu Dapur Ini Setiap Makan, Pantas Perutnya Gak Buncit

1. Olahraga terlalu berat Selama olahraga tubuh akan memanfaatkan energi dari molekul yang dikenal dengan adenosine tri-phosphate atau ATP agar tetap aktif bergerak. Ketika kita menjalani olahraga yang terlalu berat, cadangan energi ATP akan terkuras, sehingga tubuh jadi lelah dan ingin istirahat. 2. Tidak cocok dengan jam biologis Tubuh setiap orang memiliki jam biologis alami yang disebut dengan ritme sirkadian. Bagi orang yang terbiasa aktif di sore atau malam hari, apabila mendadak harus olahraga di pagi hari, efeknya bisa membuat dia jadi lemas setelah beraktivitas di luar jam aktifnya. 3. Pola makan tidak tepat Mengonsumsi makanan nutrisi penting sekali untuk membantu otot segera pulih dan mengembalikan energi setelah olahraga. Sebaliknya, pola makan yang tidak seimbang atau kurang karbohidrat, pilihan lemak tidak sehat, dan minim protein bisa membuat tubuh gampang mengantuk setelah olahraga. Baca Juga: Ingin Punya Tubuh Langsing dan Otot Kencang? Yuk Coba Tren Olahraga Viral Lari di Treadmill dengan Metode 12-3-30, Begini Caranya

4. Kurang minum air putih Kurangnya asupan cairan seperti air putih selama dan setelah olahraga juga bisa membuat kita ngantuk setelah olahraga pagi. Hal ini lantaran, selama olahraga tubuh banyak mengeluarkan cairan lewat keringat.

Tanpa hidrasi yang cukup, tubuh bisa mengalami dehidrasi, sehingga jadi lelah, lesu, dan mengantuk. 5. Kurang tidur Kebiasaan tidur dan olahraga saling berkaitan, lo.Olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidur, sementara tidur dapat membantu mengisi kembali cadangan energi setelah olahraga.

Apabila kurang tidur di malam hari, kemungkinan besar kita akan mengantuk setelah olahraga di pagi hari. Cara menghilangkan rasa kantuk setelah olahraga mudah saja, diantaranya jangan memaksakan diri, makan dan minum sebelum dan setelah olahraga, serta tidur yang cukup.

Baca Juga: Tips Olahraga yang Aman saat Sedang Menstruasi, Pilih Latihan Fisik yang Ringan dan Mudah Dilakukan di RumahArtikel ini telah tayang di Kompas dengan judul "Ngantuk setelah Olahraga Pagi, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya…"