Tips Olahraga yang Aman saat Sedang Menstruasi, Pilih Latihan Fisik yang Ringan dan Mudah Dilakukan di Rumah

By Kintan Nabila, Jumat, 11 Maret 2022 | 13:13 WIB
Tips aman berolahraga saat sedang menstruasi (Freepik)

Nakita.id - Moms, saat sedang menstruasi rasanya malas sekali untuk berolahraga ya. Hal ini lantaran, perut akan terasa keram, badan lemas, hingga emosi yang tidak stabil.

Pada menstruasi hari pertama dan kedua biasanya berat sekali untuk bangkit dari tempat tidur. Terkadang, kondisi ini jadi alasan supaya Moms bisa melewatkan jadwal olahraga rutin.

Melansir dari Healthline, berikut tips aman berolahraga saat sedang datang bulan. 1. Pilih produk menstruasi yang cocok Apakah Moms biasanya mengenakan pembalut biasa, tampon, celana dalam pembalut, atau menstrual cup? Pilihlah diantara produk tersebut yang aman dan nyaman untuk berolahraga. Apabila melakukan olahraga yang terlalu aktif sebaiknya pilih produk menstruasi yang anti bocor. Baca Juga: Inilah Tips Olahraga Bagi Ibu Menyusui yang Bisa Moms Terapkan di Rumah

2. Fokus ke tujuan olahraga Apa tujuan Moms berolahraga? Apakah ingin diet atau sekedar atau menjaga kesehatan. Fokus pada tujuan dapat mendorong kita untuk terus berolahraga walaupun sedang datang bulan. Tujuan olahraga yang baik adalah datang dari diri sendiri bukan dari orang lain atau dorongan sosial. 3. Lakukan olahraga yang kita sukai Saat sedang menstruasi rasanya semua olahraga apapun sangat melelahkan. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan jenis olahraga yang familiar, mudah dilakukan, dan yang paling penting kita sukai. Misalnya olahraga indoor seperti yoga, senam aerobik, atau pilates.

Tidak perlu melakukan running, jogging, atau hiking kalau memang tidak memungkinkan untuk olahraga outdoor. Baca Juga: Jangan Khawatir lagi, Ini Dia Beberapa Manfaat dan Tips Berolahraga saat Menyusui

 4. Menyesuaikan dengan kondisi tubuh sendiri Setiap orang mengalami gejala menstruasi yang berbeda-beda. Kalau memang Moms terlalu lelah jangan memaksa diri sendiri. Biasanya kita sering memaksakan diri karena melihat orang lain bisa melakukannya. Yang terpenting adalah ketahui apa yang dirasakan dan dibutuhkan oleh tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga dengan durasi yang lama saat datang bulan. Moms masih bisa melakukannya saat selesai periode menstruasi.

Namun, kalau Moms tetap ingin olahraga saat sedang datang bulan ingat tips-tips di atas ya. Dengan begitu tubuh bisa tetap sehat dan siklus menstruasi tetap lancar.

Baca Juga: Tips Olahraga Selama Puasa Agar Jadi Happy Moms Happy Ramadan, Perhatikan Pemilihan Olahraganya