Mengajarkan Kebiasaan Menyikat Gigi pada Anak Bisa dengan Pasta Gigi Fluoride, Tapi Bahayakah untuk Anak? Begini Penjelasan Dokter

By Shannon Leonette, Kamis, 24 Maret 2022 | 15:43 WIB
Moms perlu mengajarkan kebiasaan menyikat gigi secara rutin pada anak agar kesehatan giginya tetap terjaga (Freepik.com)

Nakita.id - Apakah Moms telah mengajarkan Si Kecil kebiasaan menyikat gigi secara rutin?

Penting bagi Moms untuk selalu memastikan agar kesehatan anak tetap terjaga terus, termasuk kesehatan gigi pada anak itu sendiri.

Pasalnya, berdasarkan sebuah data dari Riskesdas Kemenkes tahun 2018, sebanyak 93% anak yang berusia kurang dari 6 tahun di Indonesia yang memiliki gigi berlubang.

Bahkan, dari seluruh anak yang memiliki gigi berlubang, 60% diantaranya memiliki lubang lebih dari enam buah pada gigi.

"Padahal, gigi anak ini kan sebetulnya sesuatu yang penting banget kita jaga," tegas drg. Eka Sabaty Shofiyah, Sp.KGA, dokter gigi anak dalam acara peluncuran produk MOMAMI Oral Care Series yang dilaksanakan pada Kamis siang (24/3/2022).

Moms harus tahu, gigi adalah salah satu bagian dari mulut, dimana merupakan tempat masuk gizi dari anak yang sangat diperlukan untuk masa pertumbuhan.

"Kalau misalnya giginya enggak sehat, makannya juga enggak enak. Selain soal makan, juga soal kepercayaan diri. Anak-anak kalau misalnya senyumnya agak terganggu nih dengan giginya yang agak rusak, tentu dia akan kurang pede gitu," jelas drg. Eka.

Oleh karena itu, Moms harus tetap memantau dan menjaga kesehatan gigi pada anak sejak dini.

Salah satu cara menjaga kesehatan gigi anak yang bisa dilakukan adalah dengan mengajarkan kebiasaan menyikat gigi secara rutin.

Baca Juga: Berikut Inilah Beberapa Fakta Gigi yang Menyenangkan dan Menarik Untuk Anak-Anak Perlu Tahu

Moms, untuk menyikat gigi, kita perlu menggunakan pasta gigi fluoride.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang menganggap bahwa pasta gigi fluoride ini berbahaya.