Jangan Panik saat Air Susu Susah Keluar! Begini Tips Supaya ASI Bisa Lancar dan Banyak untuk Ibu yang Baru Pertama Kali MengASIhi

By Kintan Nabila, Jumat, 25 Maret 2022 | 17:25 WIB
Ciri-ciri hamil saat masih menyusui (freepik)

Nakita.id - ASI adalah nutrisi paling ideal untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil.

Sebab, di dalamnya terdapat gizi lengkap yang bagus untuk perkembangan, pertumbuhan, dan kesehatan bayi. Namun, bagi para Moms yang baru pertamakali menyusui anak, tentunya memberi ASI atau mengASIhi menjadi tantangan tersendiri.

dr Citra Amelinda, SpA, IBCLC, MKes, dokter anak dan konselor laktasi, berbagi tips dan rahasia mengASIhi Eksklusif untuk ibu yang baru pertama kali mengASIhi.

Sebelumnya ia menjelaskan, kenapa ASI sangat penting bagi bayi?

"Kandungan ASI lengkap sekali, penuh dengan mineral dan vitamin seperti zat besi, kalsium, dan lainnya," kata dr Citra dalam webinar Super Mom Family Fest bersama Philips Avent, Kamis (24/3/2022).

"Itulah sebabnya ibu harus makan yang baik saat sedang menyusui, karena nanti ini akan diberikan kepada anak," lanjutnya.

dr Citra menjelaskan, hal yang unik dari ASI asalah zat hidup di dalamnya.

"Ada hormones and growth factors, microbial communities, dan microRNAs, nah si hormon-hormon ini membantu anak supaya lebih sehat dan enggak gampang sakit," katanya. Baca Juga: Bikin Busui Jadi Senang Bukan Main, Coba Gunakan Garam yang Dibuat Seperti Ini untuk Mengatasi Puting Susu yang Lecet Selama Menyusui Si Kecil

"Begitu kita hamil, hormon-hormon sudah disiapkan. Tetapi untuk hormon menyusui ditahan dulu," kata dr Citra.

Itulah kenapa, ketika anaknya baru lahir tidak semua ibu ASI-nya bisa keluar banyak, bahkan ada yang cuma bisa beberapa tetes.

Lebih lanjut dr Citra menekankan, inilah kenapa penting sekali untuk melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) segera setelah bayi lahir meskipun air susunya belum ada.

"Karena dengan proses bayi menjilat-jilat puting ibunya kemudian berusaha menyusui, itu adalah rangsangan atau sinyal kepada tubuh ibu supaya hormon menyusuinya bisa keluar," kata dr Citra