Sebaiknya Jangan Memberikan Susu Formula Sembarangan Kepada Anak, Menurut Ahli Ada Beberapa Hal yang Harus Moms Perhatikan

By Debora Julianti, Jumat, 25 Maret 2022 | 07:17 WIB
Pemberian susu formula kepada anak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian (freepik)

Nakita.id – Moms memberikan susu formula kepada anak sebaiknya hanya digunakan sebagai pelengkap.

Bayi yang sejak lahir sudah diberikan susu formula cenderung kurang terpenuhinya nutrisi harian pada anak.

Maka dari itu penting bagi Moms untuk tetap memberika ASI ekslusif kepada anak.

Pentinya pengetahuan mengenai pemberian susu formula kepada anak, maka dari itu Nakita mengadakan Kulwap (Kuliah WhatsApp) yang dilakukan pada Kamis (24/03/2022).

Menurut dr. Kurnia Sitompul M.Gizi, Sp.GK Dokter Spesialis Gizi Klinik, pemberian susu formula hanya berguna sebagai pemberian nutrisi tambahan untuk anak jika ASI dan MPASI kurang maksimal.

"Sebaiknya susu formula diberikan setelah lebih dari setahun. Dalam 6 bulan pertama sebaiknya bayi cukup diberikan ASI saja dan untuk memberikan nutrisi tambahan sebaiknya Moms cukup memberikan MPASI saja. Pemberian susu formula pada anak sebaiknya diberikan jika nutrisi pada anak kurang maksimal”ujar dr. Kurnia.

dr. Kurnia juga menambahkan jika pemberian ASI sebaiknya dilakukan hingga usia bayi menginjak 2 tahun.

ASI yang diberikan Moms tentu perlu didampingi dengan MPASI yang berisi sayur dan buah 30 persen, lauk pauk 35 persen, dan karbohidrat 35 persen dalam satu piring makanan bayi.

Dengan terpenuhinya kandungan MPASI tersebut, tentu bayi bisa saja tidak membutuhkan susu formula untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

 Baca Juga: Supaya Tidak Berlebihan, Ternyata Ini Takaran Susu Formula Anak yang Sudah Mulai MPASI

Selain kurangnya nutrisi pada ASI dan MPASI bayi, ada beberapa kondisi yang mengharuskan anak untuk mengonsumsi susu formula.

Tujuan pemberian susu formula pada anak