Selama Ini Terungkap Mengapa Nyamuk Selalu Mendekat, Salah Satunya Karena Tertarik Dengan Pakaian Warna Gelap, Begini Penjelasannya

By Syifa Amalia, Kamis, 31 Maret 2022 | 07:09 WIB
Alasan mengapa nyamuk tertarik dengan warna gelap. (Kolase freepik.com)

Nakita.id – Di musim hujan seperti ini, nyamuk biasanya lebih aktif untuk berkembang biak.

Terutama pada tempat-tempat yang kotor dan penuh genangan air dimana-mana.

Tidak heran kalau nyamuk sering ditemukan di dalam maupun di luar rumah.

Meskipun gigitan nyamuk biasa hanya menimbulkan rasa gatal, pada beberapa kondisi nyamuk bisa menyebabkan penyakit serius seperti demam berdarah dan malaria.

Moms tentunya sudah punya banyak cara untuk mencegah agar nyamuk tidak berkembang di dalam rumah.

Namun tahu kah Moms kalau nyamuk ternyata tertarik dengan warna gelap?

Melansir dari Verve Times via Kompas.com, ternyata ada penelitian yang menunjukan bahwa ada hubungan antara warna dengan mengundang nyamuk.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications menemukan warna yang kita kenakan berperan dalam mengundang nyamuk. 

Dalam penelitian ini, para peneliti dari University of Washington, Amerika Serikat, melacak perilaku nyamuk aedes aegypti betina ketika diberi berbagai jenis isyarat visual dan aroma.

Baca Juga: Mudahnya Mengatasi Rasa Gatal Akibat Gigitan Nyamuk, Cuma Butuh Waktu 10 Menit Langsung Sembuh Pakai Kulit Pisang Aja Bun!

Para peneliti memasukkan nyamuk ke ruang uji kecil dan memaparkannya pada hal-hal yang berbeda seperti titik berwarna atau tangan seseorang. 

Nyamuk pertama kali mendeteksi bahwa keberadaan manusia dengan mencium bau karbon dioksida dari napas Anda.