Tolong Berlindung! BMKG Mendadak Beri Peringatan Pada Jumat 1 April 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem! Mulai Aceh hingga Pulau Sulawesi Diguyur Hujan Lebat, Kecuali DKI Jakarta Aman

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 31 Maret 2022 | 22:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Jumat 1 April 2022 (Pixabay)

Nakita.id - Sebelum melakukan perjalanan jauh, baiknya Moms dan Dads harus mengetahui prediksi cuaca pada Sabtu 26 Februari 2022.

BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan salah satu badan yang memang disiapkan untuk memberikan laporan cuaca setiap hari.

Dan saat ini BMKG sedang gencar-gencarnya memberikan peringatan karena Indonesia sedang mengalami musim hujan dengan curah hujan tinggi.

BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada masyarakat bila terdeteksi dalam sistem. 

Hal ini agar Moms dan Dads bisa dengan tenang melakukan aktivitas di luar atau di dalam rumah.

Dengan mengetahui cuaca yang akan terjadi pula, Moms dan Dads bisa bersiap-siap untuk menghadapinya.

Menurut prediksi BMKG, ada 26 wilayah yang mengalami cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem yang dimaksud adalah hujan lebat yang disertai angin kencang.

Dari 26 wilayah tersebut, 19 wilayah diantaranya mengalami cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Baca Juga: Selamatkan Nyawa Kalian! BMKG Mendadak Beri Peringatan pada Kamis 31 Maret 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Hampir Semua Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Lebat Hingga Angin Kencang, Kecuali Papua Barat dan DKI Jakarta

Namun bukan tidak ada alasan BMKG beri peringatan cuaca ekstrem untuk Indonesia pada 1 April 2022.

Ini karena adanya TD (Tropical Depression) ONE yang tumbuh dari Bibit Siklon Tropis 93W terpantau di daratan Vietnam dengan kecepatan angin maksimum 25 knot dan tekanan udara minimum 1006 mb.Pergerakan sistem ini ke arah barat dan potensi dalam 24 jam kedepan untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam kategori rendah.Bibit Siklon Tropis 96S terpantau berada di Samudra Hindia sebelah barat Australia dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1007 mb.