Tolong Siap Siaga! BMKG Beri Peringatan pada Sabtu 2 April 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem di Indonesia, Wilayah Mana Saja?

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 2 April 2022 | 07:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Sabtu 2 April 2022 (Freepik.com)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Sabtu 2 April 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG. Seperti diketahui, sejak awal tahun 2022 lalu Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem.

Bahkan, gara-gara hal tersebut, banyak wilayah yang mengalami kerugian besar.

Maka dari itu, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan.

Hal ini juga agar Moms dan Dads bisa dengan tenang melakukan aktivitas di luar atau di dalam rumah.

Dengan mengetahui cuaca yang akan terjadi pula, Moms dan Dads bisa bersiap-siap untuk menghadapinya.

Dari pantuan BMKG, ada 30 wilayah yang akan mengalami cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem yang dimaksud disini adalah hujan lebat dan angin kencang, bahkan ada juga yang disertai kilat atau petir saat hujan berlangsung.

23 diantaranya akan mengalami cuaca ekstrem mulai dari hujan lebat disertai angin kencang. Sementara 7 wilayah lainnya juga akan mengalami cuaca ekstrem tapi tidak parah.

Baca Juga: Tolong Berlindung! BMKG Mendadak Beri Peringatan Pada Jumat 1 April 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem! Mulai Aceh hingga Pulau Sulawesi Diguyur Hujan Lebat, Kecuali DKI Jakarta Aman

Sirkulasi Siklonik terpantau di sekitar wilayah Kamboja dan di Kalimantan Selatan yang daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) memanjang dari Vietnam hingga Kamboja, dari Kalimantan Tengah bagian selatan hingga Kalimantan Timur bagian selatan, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, dan dari Laut Sumbawa hingga Laut Jawa bagian timur.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Samudra Hindia barat Lampung, di Samudra Hindia selatan Banten-Jawa Tengah, dari Sulawesi Selatan bagian utara hingga Laut Banda timur Sulawesi Tenggara, dari Laut Halmahera hingga perairan utara Papua Barat, dari P. Seram hingga Papua Barat, di perairan utara Papua, dan di Papua bagian tengah.