Akhirnya Setelah 2 Tahun, Masjid Istiqlal Buka 100 Persen dan Kembali Gelar Kegiatan Rutin Buka Puasa Bersama

By Shannon Leonette, Senin, 4 April 2022 | 08:00 WIB
Masjid Istiqlal kembali mengadakan kegiatan buka puasa bersama setelah dua tahun pandemi. (Kompas)

Nakita.id - Mulai Minggu ini (3/4/2022), Masjid Istiqlal kembali menggelar buka puasa bersama dengan para jemaah selama bulan Ramadan 1443 Hijriah.

Mengutip Kompas (3/4/2022), ratusan jemaah mulai berdatangan sejak pukul 17.30 WIB.

Lalu, memenuhi lokasi buka puasa bersama di lantai dua.

"Kami menyiapkan buka puasa sekitar 3.000 (nasi kotak) hari ini," kata Nasaruddin Umar selaku Imam Besar Masjid Istiqlal.

Berdasarkan penuturan Nasaruddin, pengelola Masjid Istiqlal akan mengevaluasi pelaksanaan buka bersama pertama pada bulan Ramadan tahun ini.

Nantinya, jumlah menu dan jadwal pelaksanaan buka bersama selama Ramadan 1443 Hijriah akan disesuaikan berdasarkan hasil evaluasi.

"Selama Ramadan (tahun ini) akan kami lihat perkembangannya nanti. Kami kan belum tahu, kalau misal ini nanti membeludak apa gimana," kata Nasaruddin.

Selain itu, Nasaruddin juga menambahkan bahwa seluruh masyarakat boleh mengikuti buka puasa bersama di Masjid Istiqlal.

"Tinggal datang saja, yang penting protokol kesehatan (diterapkan). Sebelum jemaah masuk juga ada komputer yang mendeteksi siapa yang suhu badan di atas rata-rata, nanti akan bunyi," ucap Nasaruddin.

Baca Juga: Pemerintah Umumkan Awal Puasa Pada 3 April 2022, Ini Jadwal Imsakiyah Tanggal 1 Sampai 9 Ramadan 1443 H Untuk Wilayan Jakarta dan Sekitarnya

Sebagai informasi, kali terakhir kegiatan buka puasa bersama di Masjid Istiqlal sendiri adalah pada 2019 lalu, atau sebelum pandemi Covid-19.

Setelah dua tahun tidak dibuka dengan kapasitas penuh karena pandemi Covid-19, pengelola Masjid Istiqlal kini memutuskan untuk melonggarkan aturan beribadah.