Patut Dicurigai Jika Dahak di Tenggorokan Tidak Sembuh-sembuh, Bisa Jadi Tanda Tubuh Menderita Penyakit Kronis Seperti Asam Lambung Hingga Infeksi Pernapasan

By Syifa Amalia, Selasa, 5 April 2022 | 19:13 WIB
Penyebab dahak di tenggorokan tidak sembuh-sembuh. (Freepik.com)

Nakita.id – Setiap orang perlu menjaga diri agar tetap fit untuk melawan segala macam jenis penyakit yang akan menyerang tubuh.

Kekebalan tubuh dapat menurun kalau tidak mendapatkan asupan nutrisi vitamin dan mineral yang baik, menjaga pola makan dan istirahat yang cukup.

Penyakit batuk adalah penyakit yang kerap kali kita alami. Batuk kering maupun batuk berdahak keduanya sangat menganggu.

Umumya batuk berdahak bisa sembuh dengan sendirinya, namun pada beberapa kondisi ini bisa berlangsung lama.

Apalagi jika Moms merasa dahak tersebut tidak pernah berkurang dan selalu bertambah banyak itu yang patut untuk diwaspadai.

Produksi dahak atau lendir yang berlebihan di tenggorokan dalam jangka panjang dapat merusak saluran udara dan mengurangi kualitas hidup.

Dahak menjadi bermasalah jika mengganggu produksi suara, pernapasan atau menelan.

Peningkatan jumlah dahak dapat menyebabkan seseorang sering dan berulang kali mengosongkan tenggorokannya.

Selain itu, bisa jadi dahak yang belebihan ini justu bisa jadi penanda kesehatan yang lebih serius.

Baca Juga: Selama Ini Cuma Tahu Batuk Kering dan Berdahak Saja! Yuk Kenali Jenis-jenis Batuk pada Anak dan Cara Meredakannya Pakai Obat Rumahan

Melansir dari Very Well Health, dahak atau lendir ini diproduksi oleh sel goblet, sel-sel ini ditemukan di selaput lendir tubuh. Mereka mempunyai tujuan penting yaitu menjebak kotoran, iritasi dan bakteri.

Namun produksi dahak bisa berlebihan karena beberapa alasan sementara dan kronis seperti berikut ini.