HPL Ibu Hamil Itu Apa? Bagaimana Cara Menghitung Perkiraan Kelahiran Bayi?

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Selasa, 12 April 2022 | 15:35 WIB
HPL ibu hamil bagaimana cara menghitungnya? ()

Nakita.id - HPL ibu hamil biasanya membuat Moms menyiapkan berbagai persiapan jelang persalinan.

Tetapi, apa itu HPL pada ibu hamil yang sebenarnya?

HPL adalah singkatan dari hari perkiraan lahir.

Artinya hari di mana bayi di dalam janin diperkirakan lahir.

Perkiraan tersebut sesuai dengan hari pertama haid terakhir (HPHT).

Kerap kali, HPHT ini menjadi hal yang kontra karena usia kehamilan yang dinyatakan dokter sering lebih tua daripada usia kehamilan.

Misalnya, ketika bertemu dokter, mereka diberi tahu bahwa usia kehamilan sang istri sudah mencapai 6 pekan atau 7 pekan. Padahal pernikahan mereka baru digelar 3 pekan atau 4 pekan lalu.

Dalam kasus ini, pasangan suami istri sebenarnya tidak perlu kaget ketika dokter menyatakan usia kehamilan istri lebih tua dari usia pernikahan.

Hal itu dikarenakan, acuan yang sering digunakan dokter untuk menghitung usia kehamilan bukan berdasarkan hari ketika ovulasi, melainkan berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT).

Baca Juga: Bumil Wajib Tahu! Ternyata Ciri-ciri Hamil yang Berpotensi Melahirkan Normal Bisa Diketahui 4 Minggu Sebelum HPL, Tolong Jangan Memaksakan Diri Kalau Tidak Merasakan Tanda-tandanya

HPL ibu hamil yang menyesuaikan usia kehamilan ini sering disebut juga sebagai gestational age.

Dalam Buku Panduan Super Lengkap Hamil Sehat (2019) bikinan dr. Suwignyo Siswosuharjo, Sp.OG., M.Kes., dan Fitria Chakrawati, S.Sos., MM., dijelaskan bahwa secara biologis, umur kehamilan ibu sebenarnya adalah sejak terjadinya ovulasi sampai hari ini (hari dilakukannya perhitungan kehamilan).