Waspadai Masalah Kurang Gizi pada Anak di Bawah Usia 2 Tahun! Ahli Gizi Sebutkan Prinsip Makanan yang Sehat dan Bergizi untuk Anak

By Kintan Nabila, Sabtu, 16 April 2022 | 18:46 WIB
Prinsip makanan sehat dan bergizi untuk anak (Freepik)

Nakita.id - Moms, setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan akses terhadap makanan sehat dan bergizi seimbang.

Mulai dari usia 0 tahun sampai beranjak remaja, ada baiknya Moms memahami prinsip pemberian makanan sehat dan bergizi untuk anak.

Rika Rachmawati, SP, MPH, Peneliti Gizi di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan bahwa, anak membutuhkan gizi dan nutrisi sejak ia bayi untuk mendukung fase tumbuh kembangnya.

"Apabila ditunjang dengan asupan nutrisi tepat sejak lahir, periode emas dalam dua tahun pertama kehidupan anak dapat tercapai optimal," katanya dalam wawancara bersama Nakita.id, Sabtu (16/4/2022).

Dijelaskan olehnya, usia 0-11 bulan merupakan periode emas sekaligus periode kritis dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kemudian akan mencapai puncaknya di usia 24 bulan, yang ditandai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan otak yang pesat. 

Oleh karenanya, pemilihan asupanan makanan di usia ini sangat penting. 

Lebih lanjut Rika menjelaskan, asupan nutrisi yang tepat untuk anak di usia tersebut adalah ASI.

"Air Susu Ibu (ASI) sebagai satu-satunya nutrisi bayi sampai usia enam bulan dianggap sangat berperan penting untuk tumbuh kembang," katanya.

Baca Juga: Tips Memasak dan Menyajikan Makanan Sehat dan Bergizi untuk Anak, Mulailah Menerapkannya dalam Menu Makanan Keluarga di Rumah

Setelah anak lewat dari usia 6 bulan, Moms dapat memperkenalkan MPASI (Makanan Pendamping ASI).

"Kebutuhan nutrisi bayi yang kurang dari 6 bulan masih dapat dipenuhi oleh ASI, tetapi setelah umurnya 6 bulan mereka membutuhkan energi dan zat gizi yang lebih untuk tumbuh," kata Rika.