Kiat Merawat Diri Agar Bumil dan Busui Tampil Cantik Saat Lebaran

By Yussy Maulia, Jumat, 22 April 2022 | 20:00 WIB
Olahraga menjadi salah satu cara untuk merawat diri bagi bumil dan busui. (Shutterstock)

Nakita.id – Lebaran sebentar lagi tiba. Oleh sebab itu, Moms dapat mulai mempersiapkan diri agar tampil cantik dan sehat saat berkumpul bersama keluarga pada Lebaran nanti.

Bicara soal penampilan, Moms yang sedang berada di fase kehamilan atau menyusui mungkin butuh sedikit persiapan ekstra. Pasalnya, hampir semua ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) mengalami perubahan fisik pada tubuhnya.

Saat masa kehamilan, misalnya, beberapa Moms mengalami kenaikan berat badan dan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Selain itu, ada juga Moms yang merasakan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, pecah-pecah, dan kulit kering.

Perubahan fisik pun dapat muncul kembali setelah melahirkan. Garis-garis halus pada permukaan kulit atau stretch marks dapat muncul pada beberapa bagian tubuh akibat peregangan kulit yang ekstrem selama masa kehamilan.

Baca Juga: Cocok Disajikan saat Lebaran, Ini Resep Kacang Bawang Ebi yang Enak dan Mudah Dibuat

Meski demikian, jangan sampai perubahan-perubahan fisik yang dialami selama kehamilan dan pascamelahirkan menghalangi Moms untuk tampil cantik dan percaya diri saat Lebaran.

Ada sederet rutinitas yang dapat bumil dan busui lakukan untuk memperoleh tubuh sehat dan penampilan yang menarik. Berikut penjelasannya.

1. Olahraga teratur

Banyak orang berpikir bahwa bumil dan busui tidak perlu melakukan olahraga karena dapat menyebabkan kelelahan yang akan mengganggu kesehatan ibu dan bayi. Pendapat tersebut ternyata salah besar, Moms.

Melansir National Health Services (NHS) Inggris, bumil dan busui tetap dianjurkan berolahraga secara rutin. Sebab, olahraga dapat mencegah peningkatan berat badan berlebih selama kehamilan, serta membantu memperlancar proses melahirkan.

Baca Juga: Benarkah Mitos VS Fakta Kehamilan Ibu Hamil Harus Banyak Istirahat dan Dilarang Keras Olahraga? Ini Penjelasannya

Selain itu, berolahraga rutin juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Ketika kebutuhan tidur tercukupi, peredaran darah menjadi lancar. Pertumbuhan sel-sel kulit pun meningkat sehingga kulit tampak lebih sehat.