Alhamdulillah Ada Sisa Uang THR Lebaran! Biar Keuangan Rumah Tangga Tetap Stabil, Lakukan Hal Ini pada Sisa Uangnya Setelah Idulfitri

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 4 Mei 2022 | 08:30 WIB
Mengatur keuangan dari sisa uang THR lebaran Idulfitri (Pixabay.com)

Nakita.id - Biasanya setelah merayakan suka cita Lebaran di Hari Raya Idulfitri, Moms dan Dads sering kelabakan karena uang THR kemarin jadi menipis.

Pasalnya, banyak pengeluaran yang harus dibayar, beda dengan kebutuhan sehari-hari.

Tapi, tetap untuk meneruskan hidup agar bisa belanja kebutuhan setelah Lebaran, Moms harus menyisihkan THR. Jika ada sisa THR, mengutip dari Kompas, begini cara mengatur uang sisa THR lebaran Idulfitri:

1. Mengecek Jumlah Uang yang Tersisa

Sama seperti saat genteng bocor, Moms harus mengecek bagian yang bocor untuk mengetahui mekanisme perbaikan yang terbaik.

Begitu juga dengan kondisi finansial. Cek jumlah uang yang masih tersisa di dalam dompet, lalu ingat ke mana saja uang tersebut digunakan.

Setelah itu, buat anggaran keuangan setelah Lebaran yang baru sebagai pedoman saat berbelanja.

2. Membatasi Jumlah Pengeluaran Harian

Selanjutnya, batasi jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan harian.

Baca Juga: Uang THR dan Gaji Sebaiknya Dipisahkan, Kenapa Ya? Ini Dia Sederet Tips untuk Menghemat Uang Belanja Menjelang Lebaran 2022

Misalnya, meminimalisir uang parkir untuk dialihkan membeli bensin. Batasi intensitas mampir ke mall atau restoran yang memungut biaya parkir.

Meskipun biaya parkir hanya Rp5.000, tapi kalau dalam sehari Moms bisa mampir ke 5 tempat yang berbeda, uang parkirnya bisa bengkak menjadi Rp25.000. Jumlah yang lumayan, bukan?