Tagihan Listrik Berkali-kali Lipat Lebih Hemat, Tetangga Sebelah Kasih Tips Supaya Mencabut Peralatan Elektronik Ketimbang Mematikannya Saat Tidak Digunakan

By Syifa Amalia, Kamis, 28 April 2022 | 08:00 WIB
Cara menghemat tagihan listrik dengan mencabut peralatan listrik saat tidak digunakan. (Pexels.com)

Nakita.id – Semakin banyak menggunakan peralatan rumah tangga maka akan berbanding lurus dengan seberapa energi listrik yang dibutuhkan.

Mungkin inilah mengapa Moms selalu mengeluhkan tagihan listrik yang selalu membengkak setiap bulannya.

Cara mengendalikan supaya biaya yang dikeluarkan untuk membayar tagihan lebih sedikit yakni dengan mematikan perangkat elektronik yang tidak digunakan.

Bisa juga dengan menggunakan alat elektronik seperlunya misalnya ketika tidak membiarkan televisi menyala meski tidak sedang ditonton.

Namun apakah tindakan demikian efektif?

Dilansir dari Cnet via Kompas.com, bahkan ketika peralatan dimatikan, mereka dapat menjalankan fungsi tertentu di latar belakang jika masih terpasang.

Dengan demikian, mematikan peralatan ternyata masih menyumbang cukup besar tagihan.

Alih-alih mematikan peralatan, mencabut peralatan merupakan ide yang bagus.

Tapi apakah penghematan energi yang didapatkan dari mencabut peralatan cukup signifikan? Berikut ini adalah penjelasannya.

Baca Juga: Kaget Banget Tagihan Listrik di Rumah Membengkak, Ternyata Keseringan Pakai 4 Barang Ini yang Jadi Biang Keroknya, Siap-siap Bayar Berkali-kali Lipat

Jika Moms berpikiran mematikan peralatan listrik dapat mengemat biaya ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar.

Menurut Energy.gov, faktanya adalah, peralatan elektronik sebenarnya masih menggunakan energi bahkan ketika dimatikan tetapi masih dicolokkan.