Jangan Sampai Tetangga Ogah Bertamu ke Rumah saat Lebaran! Begini Tips Membuat Rumah Wangi Sepanjang Hari

By Kintan Nabila, Selasa, 3 Mei 2022 | 08:45 WIB
Tips membuat ruangan dalam rumah wangi sepanjang hari (Freepik/vanitjan)

Nakita.id - Suasana lebaran rasanya tak lengkap tanpa acara bersilaturahmi dengan mengunjungi rumah tetangga.

Oleh karenanya, penting sekali untuk menjaga rumah tetap bersih dan wangi supaya tamu yang datang jadi betah.

Namun tanpa kita sadari, setiap perabotan, makanan, atau bahkan energi yang kita keluarkan, menyumbangkan bau tak sedap untuk rumah. Ketika baunya sudah mulai menyebar tentu sangat mengganggu kenyamanan orang-orang di rumah. Dikhawatirkan vlbau tak sedap tersebut akan membawa bakteri sumber penyakit.Melansir dari Kompasberikut cara membuat rumah kita tetap wangi sepanjang hari.1. Singkirkan sumber bau terlebih dahulu Sebelum kita menggunakan pewangi ruangan, ada baiknya singkirkan terlebih dahulu sumber bau tersebut.Cari sumber bau, biasanya bau tak sedap berasal dari area dengan kelembapan yang tinggi (seperti kamar mandi atau dapur). Baca Juga: Jangan Sampai Telat Tahu, Bukan Jebakan atau Racun, Ternyata Bahan Makanan Inilah yang Ampuh Mengusir Tikus Sekaligus Buat Rumah Wangi dan Segar

2. Hilangkan kelembapan Cara menghilangkan bau apek akibat ruangan yang lembab adalah dengan membiarkan udara masuk ke ruangan.  Buka semua jendela dan pintu agar udara dapat masuk. Namun setelahnya jangan lupa pintu dan jendela ditutup, sebab lingkungan yang terlalu kering dapat merusak barang-barang.

Apabila ruangan tersebut tidak memiliki akses ke ruang terbuka, kita bisa membeli dehumidifier.

3. Keringkan barang yang lembap

Handuk basah sebaiknya dikeringkan di tempat terbuka yang cerah. Pastikan juga pakaian yang dicuci benar-benar kering sebelum disimpan untuk mencegah bau apek di lemari.Kemudian, pastikan lap dapur kering dan bersih dan peras spon cuci piring sampai airnya hilang.Baca Juga: 5 Tips Menghilangkan Bau Apek pada Lemari Pakaian, Emak-emak Dijamin Syok Setelah Lihat Hasilnya

4. Bersihkan barang yang berbau tidak sedap Barang-barang dan ruangan tertentu di rumah bisa jadi sumber bau, begini cara membersihkannya.

- Karpet dan kasur: taburkan soda kue (yang memiliki sifat penghilang bau alami) dan biarkan selama beberapa jam lalu bersihkan dengan vacum cleaneri. 

- Gorden dan seprai: cuci sesering mungkin, bagi kain yang tidak bisa dicuci, semprotkan pewangi kain alami yang dibuat dengan campuran cuka putih (sekitar 1 sendok teh) dan air (sekitar 450ml).

- Sampah dapur: bersihkan tempat sampah secara teratur dibiarkan semalaman dalam rumah.- Kulkas: bersihkan rak dan singkirkan bahan makanan kedaluwarsa setiap minggu. - Toilet: Tinggalkan semangkuk soda kue di dekat toilet untuk menyerap bau dan ganti setiap bulan.- Wastafel dapur dan saluran pembuangan kamar mandi: tuangkan air panas dan cuka  ke saluran pembuangan untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang membandel. - Lemari sepatu: Taburkan baking soda ke sepatu yang bau, biarkan sebentar dan gunakan koran untuk menyerap kotorannya.

Baca Juga: Tanpa Pengharum Ruangan! Rumah Bisa Wangi di Hari Raya Idul Fitri Hanya dengan Bahan Alami Ini