Stop Masak Nasi Pakai Air Biasa Kalau Mau Awet! Kunci Bikin Nasi di Rumah Tak Mudah Basi Ternyata Air Jeruk Nipis, Begini Cara Masaknya

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 5 Mei 2022 | 18:27 WIB
Masak nasi dengan air perasan jeruk nipis bisa bikin nasi awet dan tidak mudah basi (Kolase foto Pixabay.com)

Nakita.id - Sering bermasalah dengan nasi yang tiba-tiba jadi bau basi dan tak bisa dimakan? Jangan pantang menyerah, coba saja ganti air yang biasa untuk masak nasi dengan air perasan jeruk nipis.

Agar karbohidrat Moms dan satu keluarga terpenuhi, makan nasi adalah solusi yang tepat. Apalagi, nasi adalah makanan pokok orang-orang Indonesia.

Tapi masalahnya adalah, nasi bisa cepat kering dan basi. Meski Moms sudah menggunakan rice cooker untuk masak nasi, tapi tetap saja nasi bisa cepat kering dan basi.

Ini sangat membuat Moms lelah karena harus bolak-balik masak nasi ketika nasi mulai kering dan basi. Tapi, sekarang Moms tak perlu khawatir akan hal itu, karena Moms bisa membuat nasi tidak cepat kering dan basi dengan air jeruk nipis.

Ya, mengutip dari Sajian Sedap, masak nasi dengan air jeruk nipis akan membuat nasi awet dan tidak cepat basi.

Ini karena air jeruk nipis merupakan salah satu bahan pengawet alami yang Moms sudah kenal sejak dulu.

Ada beberapa manfaat masak nasi dengan air jeruk nipis:

- Nasi bisa menjadi lebih wangi. Ini membuat Moms lebih lahap saat makan.

- Masak nasi dengan air jeruk nipis buat nasi jadi lebih lembut, pulen, bersih, tidak mudah kering, dan tidak cepat basi.

Baca Juga: Ikuti Saran Pedagang Sayur Meskipun Aneh, Perempuan Ini Kegirangan Setelah Memasukkan Es Batu Saat Masak Nasi karena Buat Keluarganya Alami Hal Tak Terduga Ini

Namun, selain masak nasi dengan air jeruk nipis, ada cara membuat nasi awet dan tidak cepat basi:

1. Cuci bersih beras