Telinga Berdengung Terus Menerus Sampai Mengganggu Aktivitas Sehari-hari? Ketahui Seperti Apa Penanganannya Secara Medis dan Alami

By Kintan Nabila, Jumat, 13 Mei 2022 | 17:15 WIB
Cara mengatasi telinga berdengung terus-menerus (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Nakita.id - Apakah Moms pernah mendengar suara dengungan di telinga? Suaranya bisa terasa lembut dan sangat keras, atau bernada tinggi dan bernada rendah. Terkadang dengungannya terdengar di satu telinga, namun ada juga yang mendengarnya di kedua telinga mereka.

Melansir dari WebMD, telinga berdengung dalam istilah medis dikenal dengan nama tinnitus. Kondisi ini bisa menjadi tanda penyakit, misalnya seperti gangguan sistem pendengaran sampai masalah saraf pendengaran. Penyebabnya diantaranya yakni, paparan suara yang terlalu keras penumpukan kotoran telinga efek samping obat tertentu, atau tumor dan kista. Kondisi ini memang akan sembuh dengan sendirinya, namun apabila dirasa sudah mengganggu, begini cara mengatasinya. 1. Membersihkan kotoran telinga Melansir dari Mayo Clinic, untuk mengatasi telinga berdengung dokter akan merekomendasikan pengobatannya berdasarkan penyebab dasarnya.

Baca Juga: Telinga Sering Berdengung Terus Menerus Sebaiknya Jangan Disepelekan, Ketahui Penyebab dan Prosedur Pemeriksaannya oleh Dokter

 Misalnya, apabila telinga berdengung disebabkan oleh penumpukan kotoran telinga, maka dokter akan melakukan tindakan sedot kotoran telinga. Apabila telinga berdengung berasal dari gangguan pembuluh darah, maka dokter akan memberikan terapi obat atau operasi. 2. Terapi suara untuk meredam dengungan Ketika suara dengungan memang sudah dirasa mengganggu dokter akan melakukan terapi untuk meredam kebisingan di telinga. Misalnya seperti, penderita disarankan untuk mendengarkan suara hujan, debur ombak, sampai kipas angin untuk menyamarkan kebisingan di dalam telinga. Atau dokter juga akan menyarankan penggunaan alat bantu pendengaran. Hal tersebut apabila suara dengungan benar-benar sudah mengganggu kualitas pendengaran. Bisa juga dengan dilakukan terapi persepsi, caranya dengan menggunakan musik bernada khusus untuk menutupi frekuensi telinga berdengung.

Baca Juga: Begini Caranya Menghilangkan Kotoran Telinga Anak yang Aman, Cek Dulu Telinganya Menggunakan Senter Lalu Bersihkan dengan Cara Seperti Ini

3. Menerapkan gaya hidup sehat Misalnya dengan menghindari penyebab telinga berdengung, mulai dari menjauhi paparan suara keras, dan hindari kafein atau rokok. Selanjutnya, kelola stres. Karena, stres bisa memperparah gejalanya, caranya bisa dengan relaksasi atau olahraga.

Kurangi konsumsi alkohol karena minuman keras dapat melebarkan pembuluh darah, termasuk area telinga bagian dalam. 4. Perawatan alami telinga berdengung Ada juga sejumlah pengobatan tradisional untuk mengatasi telinga berdengung. Diantaranya, akupuntur, hipnose, atau terapi neuromodulasi dengan stimulasi magnetik transkranial, serta banyak-banyak mengonsumsi suplemen seng dan vitamin B. Memang belum tentu tinnitus bisa sembuh total, namun pengobatan ini bisa mengurangi gejalanya.

Untuk melihat kembali cara mengatasi telinga berdengung, cek halaman 2. (*)

Baca Juga: Jangan Sembarangan Pakai Cotton Bud, Ini Dia Caranya Bersihkan Telinga Anak yang Baik dan Benar