Supaya Tak Ada yang Tertinggal, Berikut Perlengkapan Melahirkan di Bidan

By Shinta Dwi Ayu, Rabu, 18 Mei 2022 | 19:14 WIB
Perlengkapan melahirkan di bidan (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Wajib disiapkan jauh-jauh hari, berikut perlengkapan melahirkan di bidan. Selain rumah sakit, tempat melahirkan yang bisa dipilih para Moms adalah di bidan. Para Moms bisa melahirkan di bidan apabila kehamilan yang dijalankan tak ada masalah. Bidan memang masih menjadi kepercayaan para Moms dari dulu hingga sampai saat ini. Sebagian besar Moms, merasa lebih nyaman dan aman ketika melahirkan di bidan. Karena bidan sendiri merupakan mitra yang tentu bisa menangani proses persalinan Moms dengan baik dan sabar. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19, yang sudah berlangsung selama 2 tahun lebih di Indonesia, membuat para Moms lebih memilih untuk melahirkan di bidan. Karena, sebagian besar rumah sakit menangani pasien Covid-19. Sehingga, banyak sekali ibu hamil yang takut tertular apabila harus melahirkan di rumah sakit.

Baca Juga: Metode Tiup-tiup di Bidan Amankah Dilakukan? Ini Kata Ahli

Namun, untuk bisa melahirkan di bidan dengan lancar, tentunya dibutuhkan persiapan. Bukan hanya fisik dan mental, tapi persiapan perlengkapan persalinan juga harus disiapkan jauh-jauh hari. Sehingga ketika waktunya melahirkan, Moms tinggal berangkat ke tempat bidan tanpa perlu memikirkan lagi perlengkapan apa saja yang harus dibawa.

Perlengkapan melahirkan di bidan
Mungkin sebagian Moms akan bertanya, apakah persiapan perlengkapan melahirkan di bidan dengan di rumah sakit sama? Sebenarnya sama saja Moms, tak ada perbedaan yang signifikan. Melansir dari Kompas, berikut perlengkapan persalinan di bidan: 1. Busana Longgar Usahakan ketika hendak melahirkan pakai busana longgar seperti daster. Pakaian longgar bisa memudahkan proses persalinan.

Baca Juga: Salut! Jessica Iskandar Melahirkan Secara Normal Dalam 2 Kali Mengejan, Hanya Butuh Waktu 4 Menit Hingga Anaknya Lahir, Begini Detik-detik Persalinannya

  Selain itu, pakaian longgar juga bisa membuat Moms lebih mudah bergerak. 2. Minyak Pijat atau Lotion Biasanya ketika menjelang persalinan, bagian tubuh Moms akan mengalami sakit atau nyeri. Nantinya bidan akan bantu memijat untuk mengurangi rasa nyeri yang Moms rasakan. 3. Pembalut Jangan lupa juga bawa satu pack pembalut Moms. Karena setelah melahirkan, Moms akan mengeluarkan darah seperti menstruasi. 4. Perlengkapan Bayi Moms juga jangan lupa bawa perlengkapan bayi seperti baju, selimut, popok, topi, sarung tangan, topi, dan sebagainya.

Nah, itu dia Moms perlengkapan melahirkan di bidan yang perlu dibawa. Jangan sampai lupa, ya! Baca Juga: Nikita Willy Beberkan Beratnya Jadi Ibu yang Baru Melahirkan, Sempat Stres Hingga Tak Suka Melihat Dirinya di Cermin dengan Rambut Berantakan