ASI Susah Keluar dan Macet? Ini Dia Resep Tradisional dari Bahan Makanan Alami untuk Melancarkannya

By Kintan Nabila, Kamis, 26 Mei 2022 | 12:05 WIB
Resep tradisional untuk melancarkan ASI (Tabloid Nakita)

Nakita.id - Setiap Moms tentunya ingin memberikan ASI yang cukup untuk buah hatinya. Namun, ada kalanya produksi ASI tidak selalu deras dan melimpah. Sehingga hal ini seringkali membuat Moms stres dan tertekan. Pada akhirnya dapat membuat ASI semakin susah keluar. Melansir dari Healthline, ada beberapa faktor yang menyebabkan aliran ASI jadi sedikit dan macet. Diantaranya, jarang menyusui, pelekatan bayi dan puting tidak sempurna, atau ada kondisi medis tertentu yang memengaruhi kesehatan ibu atau bayi. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengatur pola makan sehat setiap hari. Misalnya dengan mengonsumsi buah dan sayuran, daging tanpa lemak, dan camilan rendah gula. Nah Moms, berikut adalah resep tradisional untuk melancarkan ASI.

Baca Juga: Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi, Cek Dulu Kandungannya untuk Mencegah Efek Samping Merugikan

1. Bawang putih Melansir dari Times of India, bawang putih dikenal karena sifat laktogeniknya yang membantu meningkatkan suplai ASI pada ibu. Moms bisa menambahkan bawang putih ke masakan yang dikonsumsi sehari-hari. Atau bisa juga mengonsumsinya langsung dengan mengunyah beberapa siung bawang putih setiap hari. 2. Susu kayu manis Kayu manis juga merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat melancarkan ASI. Moms bisa menghaluskan kayu manis atau membeli kayu manis yang sudah berbentuk bubuk. Ambil sejumput bubuk kayu manis dan campur dengan 1/2 sdt madu.  Minumlah bersama dengan secangkir susu hangat setiap hari sebelum tidur. Baca Juga: Makan Jeruk Saat Menyusui Bisa Bikin ASI Jadi Asam? Ternyata Cuma Mitos, Ini Manfaat Jeruk untuk Ibu Menyusui dan Bayi

3. Jus kurma Melansir dari Kompas, buah kurma sangat baik untuk ibu menyusui dalam masa pemulihan pasca melahirkan dan untuk mencegah anemia.

Kurma bisa diolah jadi minuman yang segar untuk melancarkan ASI, siapkan 6-7 butir kurma, 60 ml air matang, dan 150 ml susu cair Caranya, buang biji kurma dan rendam dalam air matang selama 8 jam lalu masukkan ke dalam lemari es. Blender kurma, air rendamannya serta susu cair sampai halus lalu minum 15 menit sampai 1/2 jam setelah makan nasi. 4. Susu jagung Jagung dapat diolah jadi susu untuk menambah energi dan melancarkan poduksi ASI. Pertama siapkan 1 kg jagung manis, 4 sdm gula pasir, dan 1250 ml air untuk 5 porsi susu jagung. Rebus jagung yang sudah dipipil dan tiriskan lalu blender bersama airnya dan tambahkan gula pasir. Sajikan dengan tambahan susu kental manis atau es batu supaya lebih nikmat.

Baca Juga: Cara Mencegah ASI Bau Amis! Ganti Alpukat dengan Buah Apel, Tapi Jangan Lupa Makan-makanan Ini Juga